slide show
S1 Farmasi ( Terakreditasi B ) PDF Cetak E-mail

 

Program Studi S-1 Farmasi Universitas Setia Budi adalah salah satu Program Studi yang dibuka secara resmi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. No 77/D/0/1997 tanggal 11 Nopember 1997 dengan perpanjangan ijin penyelenggaraan Departemen Pendidikan Nasional, No. 2470/D/T/K-VI/2009. Terakreditasi B Berdasarkan Sertifikat Akreditasi BAN-PT tanggal 16 April 2004 No 06293/Ak-VII-S-1-012/USSFAI/IV/2004.
S-1 Farmasi Universitas Setia Budi merupakan program studi yang bertujuan mempersiapkan clan menghasilkan Sarjana Farmasi yang beriman, berbudi pekerti luhur dan berkompeten dalam pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Farmasi Komunitas dan Klinik (FKK) dan Farmasi SainsTeknologi-Obat Alam (FST-OA).

Kurikulum
Program Studi S-1 Farmasi menjawab tantangan di era Globalisasi dengan senantiasa memperbarui dan menyempurnakan kurikulum, dengan membuka dua bidang minat yaitu: pertama, Farmasi Klinik dan Komunitas (FKK) untuk mencetak Sarjana Farmasi yang mempunyai kompetensi di bidang Klinik dan Komunitas. Kemudian yang kedua adalah Farmasi Sains Teknologi-Obat Alam (FST-OA) mencetak sarjana Farmasi yang mempunyai kompetensi di bidang Industri Farmasi Modern ataupun Industri Farmasi Obat Alam. Program studi ini dapat ditempuh dalam 8 semester (4 tahun) dengan beban studi sebanyak 150 SKS.

Prospek Lulusan Lapangan Pekerjaan
Alumnus Program Studi S-1 Farmasi (FKK dan FST-OA) mempunyai prospek karier sebagai peneliti, penemu dan pengembang obat modern dan alam pada Industri Farmasi dan kosmetika, serta memiliki kemampuan bekerja pada Departemen Kesehatan, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan, Lembaga Kesehatan TNI-Polri, Badan Narkotika Nasional, Lembaga Pendidikan dan Penelitian, Lembaga Pelayanan Kesehatan (rumah sakit dan apotek),klinik obat, Pedagang Besar Farmasi - AIKES, dan berwirausaha di bidang obat baik, modern maupun alami, dan lain sebagainya.
Lulusan S-1 Farmasi bisa meningkatkan profesionalitas ke jenjang pendidikan lebih lanjut pada Program Profesi Apoteker di Universitas Setia Budi.

Fasilitas Pembelajaran

Guna mempersiapkan Lulusan, yang unggul dan siap kerja, Program Studi S-1 Farmasi,di dukung dengan beberapa sarana pendidikan seperti :
• Ruang kuliah representatif
• Perpustakaan
• Laboratorium modern dan lengkap meliputi:
- Lab. Farmasetika
- Lab. Farmakokinetika
- Lab. Farmakognosi dan Fitokimia
- Lab. Farmakologi-Toksikologi
- Lab. Teknologi Farmasi
- Lab. Mikrobiologi
- Lab. Analisis Instrumen (GC, HPLC, Spektrofotometer UV-Vis, TLC Scanner)
• Program Studi S-1 Farmasi bekerjasama dengan Industri Farmasi, Rumah Sakit, apotek, UGM, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (BBPPVRP) Salatiga, dan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional - Tawangmangu (B2P2TO2T/ BPTO).

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.