slide show
Dies Natalis ke-19 USB
Ditulis oleh Swastika Ardhana Riswari, S.I.Kom   
Senin, 28 November 2016 17:05

Tahun 2016, Universitas Setia Budi genap berusia 19 tahun. Sabtu (12/11), Universitas Setia Budi Surakarta menggelar peringatan hari jadi ke-19. Acara ini dihadiri oleh Ketua Badan Pembina Yayasan Pendidikan Setia Budi, Ketua Yayasan Pendidikan Setia Budi, Ketua Badan Pendidikan Setia Budi, Rektor dan Wakil Rektor serta Pimpinan Lembaga di lingkungan Universitas Setia Budi, civitas akademika, para alumni, dan beberapa tamu undangan.



Meskipun secara resmi berdasarkan SK pendirian Universitas Setia Budi yang diterbitkan 19 tahun lalu, namun sejarah USB tidak bisa dilepaskan dari beberapa institusi pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Setia Budi, yang menjadi cikal bakal berdirinya Universitas Setia Budi. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Setia Budi, Dr. Ir. Djoni Tarigan, MBA., dalam laporan rektor yang disampaikan saat acara Dies Natalis ke-19 Universitas Setia Budi, Sabtu (12/11) di Auditorium Gedung A Universitas Setia Budi.

Universitas Setia Budi merupakan perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Teknik Kimia Surakarta. Pada awal operasionalnya, Universitas hanya mengelola lima Fakultas dengan lima Program Studi. Dengan berjalannya waktu, beberapa akademi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Setia Budi yaitu Akademi Analis Farmasi (yang berdiri tahun 1985), Akademi Farmasi (yang berdiri tahun 1998) dan Akademi Analis Kesehatan (berdiri tahun 1983), pada tahun 2001 bergabung dan menjadi program studi di USB. Saat ini Universitas Setia Budi telah berkembang menjadi lima Fakultas dengan 13 Program Studi yang meliputi program Diploma, Sarjana, Profesi, dan Magister.

Saat ini jumlah mahasiswa aktif di USB sebanyak 2.993 mahasiswa. Ditinjau dari daerah asal mahasiswa, dapat dikatakan bahwa Universitas Setia Budi adalah miniatur Indonesia karena mahasiswa yang saat ini belajar di USB berasal dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu, ada beberapa mahasiswa USB yang berasal dari luar negeri. Hal yang membanggakan bahwa mahasiswa USB mampu berkompetisi dalam bidang ilmiah. Dalam bidang pembuatan program kreativitas ilmiah mahasiswa, pada 3 tahun terakhir terdapat 36 judul yang mendapatkan dana dari Kemenristek DIKTI, sedangkan program karya tulis artikel ilmiah sebanyak 3 judul. Untuk program penelitian inovasi mahasiswa dan kewirausahaan mahasiswa yang didanai oleh Diknas Provinsi Jateng sebanyak 5 judul. Bahkan dalam 3 tahun terakhir mahasiswa USB juga lolos pada final Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Selain itu, mahasiswa USB juga mampu berkompetisi di tingkat internasional, yaitu dalam Kongres Biomedical di Groninghen University, dan Program Student Exchange di Mesir.

Sampai saat ini USB telah meluluskan sebanyak 13.925 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dan berkarya baik di instansi pemerintah, swasta, maupun sebagai wirausahawan. Dalam 5 tahun terakhir, para alumni USB telah banyak berkontribusi dalam pengembangan USB baik dalam bidang kurikulum, sarana prasaran, dan ikut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan ilmiah.

Pada tahun akademik 2016/2017 Universitas Setia Budi memiliki 116 dosen tetap dan 97 tenaga kependidikan tetap. Dosen tetap di Universitas Setia Budi aktif dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada tahun 2016 terdapat 39 judul penelitian dan 8 judul kegiatan pengabdian masyarakat yang berhasil berkompetisi untuk mendapatkan pendanaan dari Kemenristek DIKTI. Dosen-dosen USB juga telah banyak menerbitkan artikel ilmiah pada jurnal berskala nasional. Dalam 3 tahun terakhir, telah dihasilkan 73 publikasi pada jurnal nasional tak terakreditasi dan 7 pada jurnal nasional terakreditasi. Selain itu, juga tercatat sebanyak 10 artikel dosen USB yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah berskala Internasional, dan beberapa diantaranya merupakan jurnal ilmiah internasional bereputasi yang telah terindeks oleh lembaga pengindeks internasional dan memiliki faktor dampak.

Kerjasama luar negeri juga telah dilakukan oleh USB baik di tingkat Universitas maupun Fakultas. Sampai tahun akademik 2016/2017 telah terjalin 6 kerjasama luar negeri antara lain dengan Arellano University, Ifugao State University, dan University of San Carlos yang ketiganya berada di Filipina. Selain itu juga terjalin kerjasama dengan Universiti Kuala Lumpur (Malaysia), Erican College dan Dongseo University (Korea).

Menanggapi Laporan Rektor USB, Ketua Yayasan Pendidikan Setia Budi, Dr. Ir. Budi Darmadi, M.Sc., dalam sambutannya memberikan apresiasi atas capaian dan prestasi yang telah dirain oleh Universitas Setia Budi. Ketua Yayasan Pendidikan Setia Budi menekankan pentingnya penanaman Budi Pekerti pada diri semua civitas akademika. Terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan, diharapkan fokus penelitian dilakukan di bidang obat tradisional atau jamu.

Dalam peringatan Dies Natalis ke-19 USB ini juga disampaikan sebuah Orasi Ilmiah oleh Dr. Widi Hariyanti, SE., M.Si., dengan judul “Kinerja Organisasi Berbasis Etika dan Budi Pekerti”. Perguruan Tinggi merupakan tempat proses pematangan sikap dan mental serta daya tangkap pengembangan ilmu pengetahuan untuk kemajuan bangsa. Sebagai Perguruan Tinggi, Universitas Setia Budi menghasilkan output yang diharapkan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, unggul, dan berbudi pekerti luhur yang berguna bagi bangsa dan Negara. Sebagai organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, maka kinerja organisasi menjadi hal utama yang harus diperhatikan para pengelola dan pemangku kepentingan di Universitas Setia Budi.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Panitia Dies Natalis ke-19 USB, yang merupakan Wakil Rektor IV USB, Titik Sunarni, S.Si., M.Si., Apt., menyebutkan bahwa telah digelar serangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-19 USB mulai tanggal 7-12 November 2016. Kegiatan tersebut terdiri dari kegiatan di bidang pendidikan, seni, olahraga, dan pengabdian. Dalam peringatan Dies Natalis kali ini juga diberikan beberapa penghargaan kepada dosen dan karyawan terbaik, dosen yang mendapatkan karya paten, dosen yang berhasil menyelesaikan studi lanjut, serta penghargaan kepada beberapa alumni dari Universitas Setia Budi.

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi