slide show
USB Gelar Seminar Pengembangan Institutional Repository sebagai Upaya Peningkatan Visibilitas
Ditulis oleh Swastika Ardhana R., S.I.Kom   
Selasa, 21 Februari 2017 17:04

Perkembangan yang terjadi di berbagai bidang termasuk pada bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan dapat terjadi karena adanya peran perkembangan di dunia teknologi dan pengelolaan informasi. Adanya perkembangan teknologi juga menimbulkan perkembangan di dunia perpustakaan dan lembaga pendidikan tinggi. Salah satunya adalah perkembangan koleksi, yang tidak hanya berbentuk cetak melainkan juga berbentuk digital. Selain itu hadirnya teknologi di perpustakaan juga mengubah pola kerja dan layanan di perpustakaan karena saat ini banyak perpustakaan yang tidak lagi bekerja dan memberikan layanan secara manual.


Memanfaatkan teknologi untuk pengelolaan karya ilmiah lembaga di perpustakaan memiliki nilai penting untuk efisiensi dan mempermudah pekerjaan di perpustakaan serta dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pengguna perpustakaan. Maka dari itu diperlukan pemahaman yang sama karena adanya keterkaitan antara komponen penghasil karya ilmiah, pengelola dan pengakses karya ilmiah. Dengan demikian sistem yang akan dibangun dapat berjalan sesuai dengan harapan institusi. Berdasarkan hal tersebut, UPT Perpustakaan Universitas Setia Budi mengadakan Seminar dengan topik “Pengembangan Institutional Repository sebagai Upaya Peningkatan Visibilitas Universitas Setia Budi” pada Rabu (8/2) di Gedung G.3.1 Universitas Setia Budi. Hal tersebut merupakan langkah awal untuk membangun institutional repository.

Pengembangan institutional repository sendiri bertujuan untu mewujudkan sistem pengelolaan karya ilmiah yang terintegrasi, serta sistem informasi yang dapat menampilkan profil institusi secara komprehensif melalui website institutional repository. Selain itu juga bertujuan untuk menunjang kolaborasi dan jejaring institutional repository baik nasional dan internasional, serta meningkatkan visibilitas institusi di tingkat nasional dan internasional.

Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Timur, Amirul Ulum, M.IP., hadir sebagai pembicara pada seminar tersebut. Seminar ini sendiri diikuti oleh Pustakawan dan Staf perpustakaan dari beberapa Universitas di Wilayah Solo Raya, para Dekan, Kaprodi, LPPM, Pengelola Jurnal, dan beberapa unit kerja yang terkait di Universitas Setia Budi.

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi