slide show
Fakultas Farmasi Gelar Seminar Nasional
Ditulis oleh Swastika Ardhana Riswari   
Jumat, 10 Maret 2017 16:57

Obat merupakan salah satu komponen kesehatan yang penting karena menjadi bagian dari pelayanan kesehatan masyarakat. Industri farmasi sebagai industry penghasil obat mempunyai peran strategis dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Industri farmasi dituntut untuk menyediakan jenis dan jumlah obat yang memadai dengan kualitas yang baik. Sebagai salah satu program unggulan guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan serta memudahkan akses pelayanan kesehatan kepada peserta penderita penyakit kronis, maka dilakukan optimalisasi implementasi Program Rujuk Balik. Pelayanan Program Rujuk Balik diberikan kepada peserta BPJS Kesehatan penderita penyakit kronis, khususnya penyakit diabetes melitus, hipertensi, jantung, asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), epilepsi, stroke, schizophrenia, Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yang sudah terkontrol/stabil namun masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan dalam jangka panjang.


Atas dasar hal tersebut, Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta mengadakan sebuah Seminar Nasional dengan tema “Peran Apoteker Dalam Manajemen Industri Farmasi Dan Pelayanan Farmasi Dalam Program Rujuk Balik Di Era JKN“. Seminar tersebut diikuti oleh mahasiswa S2 Ilmu Farmasi dan Profesi Apoteker, staf pengajar dan praktisi Apoteker di RS dan Apotek. Kepala Prodi S2 Farmasi USB, Dr. Gunawan Pamuji W, S.Si., M.Si., Apt., dalam sambutannya menyatakan bahwa topik tentang pengelolaan obat dalam Seminar Nasional ini terkait dengan bidang minat di S2 Manajemen Farmasi. Terdapat banyak info terkait BPJS (JKN) tentang rujuk balik yang harus diketahui oleh tenaga Farmasi.

Hadir sebagai pembicara dalam seminar ini antara lain Hendra Farma Johar, M.Si. Apt. (Kimia Farma Jakarta) yang menyampaikan materi tentang Peran Apoteker dalam Manajemen Industri Produk Farmasi, Ildha Nurul Fajri, SKM (Kepala Unit Pelayanan Primer Cabang Utama BPJS Kesehatan Kota Surakarta) yang menyampaikan materi tentang Peran Apoteker dalam Pelayanan Kefarmasian dalam Program Rujuk Balik di Era JKN, dan Dra. Rebecca, MM., Apt. (Instalasi Farmasi Kabupaten Sukoharjo) yang menyampaikan materi tentang Peran Apoteker dalam drug management cycle pada pasien JKN.

Melalui seminar ini diharapkan Peserta mengetahui peran apoteker dalam program New Product Development dan Business Development dalam manajemen industri obat, mengetahui peran apoteker dalam alur dan pengelolaan pemasaran obat yang aman dan bermutu dari industry farmasi dalam pelayanan kesehatan. Selain itu peserta diharapkan mengetahui alur dan syarat pelayanan produk farmasi pada pasien yang memenuhi persyaratan mengikuti Program Rujuk Balik di Era JKN. Peserta juga diharapkan mengetahui peranan apoteker dalam pelayanan kefarmasian dalam Program Rujuk Balik pasien dalam era JKN.

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi