slide show
D3 Analis Kimia ( Terakreditasi ) PDF Cetak E-mail

Visi Program Studi
Menjadi program studi yang sehat dan bermutu, berperan aktif di tingkat nasional dalam pengembangan IPTEK, serta menghasilkan tenaga profesional yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, dan kompeten di bidang analisis kimia pada tahun 2020.

Misi Program Studi

1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang analisis kimia yang bermutu dan memiliki daya saing nasional yang didukung oleh organisasi yang sehat.
2. Menyelaraskan sistem pendidikan tinggi di bidang analisis kimia dengan perkembangan IPTEK, sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, masyarakat dan perubahan global.
3. Memberikan layanan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang analisis kimia secara cepat dan tepat sesuai dengan prosedur yang berlaku.
4. Membentuk insan akademik di bidang analisis kimia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, cerdas dan trampil, serta memiliki daya saing nasional.
5. Melaksanakan perintisan dan pengembangan jejaring (networking) kemitraan pada tingkat nasional, regional, dan internasional di bidang analisis kimia.

Tujuan Program Studi
1. Menghasilkan lulusan di bidang analisis kimia yang berkualitas, yaitu yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, terampil dan mandiri di bidang analisis kimia, mampu melakukan tugas manajerial analisis kimia, serta mampu menerapkan dan mengembangkan IPTEK, serta memiliki daya saing nasional.
2. Menghasilkan penelitian inovatif di bidang analisis kimia yang mendorong pengembangan IPTEK dalam skala nasional.
3. Menghasilkan IPTEK dibidang analisis kimia untuk mem-berdayakan masyarakat agar mampu menyelesaikan masalah secara mandiri dan berkelanjutan melalui kegiatan pengabdi-an kepada masyarakat
4. Mewujudkan kesehatan organisasi program studi pada tingkat yang memadai, meliputi aspek SDM, finansial, tata kelola, regulasi, dan penjaminan mutu.
5. Mewujudkan jejaring (networking) kemitraan pada tingkat nasional, regional, dan internasional di bidang analisis kimia.


Tujuan Pendidikan
Menghasilkan tenaga Ahli Madya yang berbudi pekerti luhur, beriman, terampil dan mandiri di bidang Analis Kimia, serta mampu melakukan tugas manajerial laboratorium.

Sistem Perkuliahan
Sistem perkuliahan di Program Studi D-3 Analis Kimia Fakultas Teknik USB adalah system SCL (Student Center Learning), yaitu sistem perkuliahan yang tidak lagi berpusat pada pengajar tetapi mahasiswa diarahkan untuk aktif. Dalam system ini para pengajar diwajibkan membuat bahan kuliah/hand out untuk dibagikan kepada mahasiswa dan pada pertemuan diadakan diskusi mengenai bahan kuliah tersebut. Disamping itu, mahasiswa juga ditugaskan untuk mencari sebagian bahan kuliah di perpustakaan maupun melalui internet.

Kurikulum
Kurikulum mengacu pada Kepmendiknas No. 232/U/2000 dan No. 45/U/2002 dan berorientasi pada bidang control kualitas secara kimia. Beban studi sebanyak 112 SKS.

Masa Studi
Masa studi di Program Studi Analis kimia adalah 3 tahun (6 semester) dan maksimal 5 tahun (10 semester).

Kompetensi Program Studi
a. Memiliki budi pekerti luhur serta keimanan yang benar
b. Memiliki keterampilan sebagai tenaga Analis Kimia dalam menggunakan berbagai metoda analisis termasuk penggunaan instrumental mutakhir.
c. Memiliki keterampilan melakukan analisis kimia pada bidang lingkungan, produk pertanian, produksi hasil pertanian, produk bahan alami, produk industri bahan alam serta bahan baku dan produk industri kimia, yang ditunjang dengan keterampilan analis secara mikrobiologi.
d. Memiliki kemampuan manajerial pada quality, control.

Fasilitas Pembelajaran

a. Ruang kuliah yang bersih dan dilengkapi dengan sarana pembelajaran yang memadai.
b. Perpustakaan yang berbasis informasi dan dilengkapi internet yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa tanpa dipungut biaya.
c. Laboratorium : Kimia Analisa, Analisa Makanan. AnalisaAir, Mineralogi, Mikrobiologi,Analisa Limbah. Pengolahan Limbah, Kimia Kosmetik, Kimia Organik. Analisa Obat, Komputer, Bahasa dan Laboratorium Instrumentasi.


Tenaga Pengajar/Dosen
Tenaga pengajar terdiri dari sarjana S-1, S-2 dan S3 satu dari beberapa perguruan tinggi ternama seperti UGM, Univ. Airlangga, ITB dan Perguruan Tinggi di luar negeri.

Prospek Kerja
Lulusan D-3 Analis Kimia dapat bekerja di berbagai sektor antara lain: Industri, Perdagangan, Penelitian, Lingkungan Hidup, Pendidikan dan Wirausaha. Berdasarkan banyaknya lowongan pekerjaan yang membutuhkan lulusan D-3 Analis Kimia USB, dan arena Program Studi D-3 Analis Kimia merupakan satu-satunya Program Studi D-3 Analis Kimia di Jawa Tengah, Maka prospek kerja lulusan D-3 Analis Kimia Fakultas Teknik USB sangat baik.
Data perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan D-3 ANalis Kimia adalah sebagai berikut :
a. Pada tahun 2009 (sampai dengan bulan Juli 2009) adalah 6 perusahaan antara lain : PT. Jangkas Diana, PT Bonansa, PT Jitu Solo, PT. Vitapharm, PT. Pertamina, PT. Tiga Pilar
b. Pada tahun 2010 (sampai dengan bulan Juli 2010) ada 13 perusahaan antara lain : PT. Bernofarm, PT. Pelangi Indah Jaya, PT. Thermalindo Jaya Sarana Laboratories, PT. Duniatex, Stifar Semarang, PT. Garuda Food, PT. Kualita Medika Prima, CV. Tirta Sentosa Indonesia, PT Astra Internasional, PT. Tirta Investama, PT Multi Kimia Inti Pelangi, PT. Graha Farma, PT. Ifars.

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi