slide show
Bahas Nano-Medicine, Fakultas Farmasi Undang Profesor dari University of South Florida
Ditulis oleh Swastika Ardhana R.   
Kamis, 27 Juli 2017 10:56

Untuk menambah wawasan terkait perkembangan ilmu pengetahuan, Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta mengadakan Kuliah Tamu pada Rabu (19/7) di Gedung A.2.2 Universitas Setia Budi Surakarta. Kuliah tamu tersebut mendatangkan pemateri yang merupakan Professor & Associate Dean for Faculty Affair, College of Pharmacy, University of South Florida, Prof. Yashwant Pathak, M.Pharm., EMBA, MS., Ph.D. Kuliah tamu ini diikuti oleh Dosen Fakultas Farmasi USB dan beberapa mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Farmasi USB.

 

Dalam pemaparannya, Prof. Yashwant Pathak mengangkat tema “Nano-Medicine: The future of medicine and Pharmacology”. Diungkapkan bahwa peran nano teknologi sangat luas dalam semua aspek kehidupan. Dalam bidang farmasi, nanopartikel sangat penting dalam sistem penghantaran obat. Partikel dengan ukuran nano akan meningkatkan solubilitas dan bioavailabilitas. Aplikasi nanopartikel untuk protein menjawab tantangan dimana protein secara tradisional dihantarkan secara parenteral, yang menghasilkan bioavailabilitas cepat namun gagal menjaga konsentrasi plasma. Masalah ini terjawab dengan aplikasi nanoteknologi.

Teknologi ini juga memberikan keuntungan pada aspek farmakodinamik. Aspek terapeutik aplikasi nanoteknologi lainnya antara lain nanodiagnostik, meliputi diagnostik molekular, nano-bio-imaging dan nano-endoskopi. Selain itu juga bermanfaat dalam pengembangan obat-obat regeneratif (contohnya tissue engineering) dan implan (bio implantable sensors, implatansi nano coated stents , dan nano pumps untuk penghantaran obat).

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi