slide show
Seminar Nasional, USB Soroti Perkembangan Obat Kanker Terkini
Ditulis oleh Swastika Ardhana R.   
Sabtu, 29 Juli 2017 12:57

Sumber daya alam laut sangat melimpah di Indonesia, namun belum dieksploitasi secara maksimal. Padahal Kekayaan hayati laut merupakan sumber yang menjanjikan dalam kegiatan pencarian senyawa kimia baru dengan aktivitas farmakologi yang unggul sebagai kandidat obat kanker. Untuk Memberikan pengetahuan tentang potensi pengembangan obat kanker dengan bahan yang berasal dari laut (marine), Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta menggelar Seminar Nasional dan Workshop dengan tema “Perkembangan obat Kanker Terkini dan Aplikasinya” pada Sabtu (29/7) di Hotel Megaland Surakarta.

 


Seminar Nasional yang diikuti oleh mahasiswa, akademisi, praktisi Apoteker di RS dan Apotek ini menghadirkan 3 pembicara berkompeten diantaranya Dr. Muhammad Nursid (Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan), Indra Bachtiar Ph.D (Stemcell and Cancer Institute Kalbe Farma), dan Halim P. Jaya, S.Farm., M.Farm.Klin., Apt. (Rumah Sakit Dr. Soetomo, Surabaya).

Ketua Panitia, Dr. Jason Merari P, M.Si, MM, Apt., mengatakan bahwa teknologi stem cell kini menjadi trend yang dianggap bisa membantu pengobatan dalam bidang medis. Stem cell memiliki potensi yang besar untuk dimanfaatkan sebagai terapi sel bagi berbagai penyakit degeneratif dan kanker yang sulit disembuhkan, di antaranya diabetes, infark jantung, stroke, atau pun parkinson. “Maka dari itu, untuk memberikan pengetahuan mengenai pergeseran paradigma dalam hal pengobatan, dari obat-obatan kimia konvensional menuju ke arah terapi yang lebih molekuler yaitu stem cell, kami mengadakan kegiatan ini,” lanjut Jason.

Ditambahkan Jason, setelah mengikuti seminar ini para peserta diharapkan bisa mengetahui potensi pengembangan obat kanker dengan bahan yang berasal dari laut (marine), pengembangan terapi stem cell yang memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan sebagai terapi sel bagi berbagai penyakit degeneratif dan kanker yang sulit disembuhkan, serta mengetahui terapi kanker terkini dan penanganan obat sitostatika di rumah sakit.

 

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi