slide show
Workshop pengolahan sampah kemasan minyak goreng bagi anggota Bank Sampah Barokah
Ditulis oleh Administrator   
Minggu, 08 Oktober 2017 06:18

Workshop yang diinisiasi oleh tiga orang dosen Program Studi S1 Teknik Industri ini merupakan bagian dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan workshop dilakukan bersama mitra masyarakat yang berada di sekitar wilayah kampus Universitas Setia Budi. Bank sampah “Barokah” merupakan unit kegiatan yang berada di RW XIV Kelurahan Nusukan, Surakarta. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kedua yang dilakukan program studi S1 Teknik Industri bersama mitra bank sampah “Barokah”. Workshop ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh Kementerian Ristekdikti.

Untuk meningkatkan potensi ekonomi pada kegiatan bank sampah “Barokah” maka pada tanggal 5 Oktober 2017 diselenggarakan pelatihan dengan tema: pengolahan sampah kemasan minyak goreng menjadi bantal sofa. Ibu Siti Aminah, S.Kom ketua Koperasi Bina Usaha Mandiri diundang sebagai narasumber pelatihan. Koperasi Bina Usaha Mandiri sudah berpengalaman dalam mengelola dan mengolah sampah menjadi aneka kerajinan, salah satunya adalah bantal sofa. Bekas kemasan minyak goreng yang sudah dikumpulkan sesuai ukurannya, dicuci bersih dan kemudian dikeringkan. Setelah dipotong, dirangkai dan dieratkan kembali dengan bantuan plastic sealer, bagian tengah kemudian diisi oleh potongan kain perca hingga penuh.

Kegiatan ini diharapkan dapat terlus berlanjut dan dikembangkan oleh para anggota bank sampah Barokah. Koperasi Bina Usaha Mandiri juga membutuhkan bantuan pihak ketiga untuk men-supply produk-produk kerajinan, salah satunya adalah bantal sofa ini. Dengan demikian akan terbentuk hubungan yang bersinergi antara dua UMKM yang sama-sama bergerak di bidang pengelolaan sampah plastik.

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi