slide show
Fakultas Psikologi USB Bahas Psikodrama
Ditulis oleh Swastika Ardhana R.   
Selasa, 07 November 2017 16:14

Psikodrama adalah action method yang memanfaatkan kekuatan dari spontanitas drama untuk memahami permasalahan dan melakukan integrasi. Psikodrama sendiri salah satunya berguna untuk membantu seseorang untuk melihat diri mereka ataupun situasi yang mereka alami dari perspektif lain. Psikodrama bisa dilakukan di bidang psikologi klinis, sosial, industri, dan pendidikan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kuriake Kharismawan, S.Psi., M.Si., Psi., yang menjadi pembicara dalam Seminar yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi, Selasa (7/11) di Gedung A.1.1 USB.

 

Dalam Seminar yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis USB tahun 2017 ini, tema yang diangkat adalah mengenai “Psychodrama sebagai Alternatif Therapy”. Kuriake yang merupakan psikolog di Center for Trauma Recovery, menggunakan psikodrama khususnya playback theater sebagai media pemulihan trauma dan rekonsiliasi di berbagai daerah yang mengalami bencana sosial dan alam yakni Aceh, Maluku, Poso, NTB, Palestina, Cambodia, dan Timor. Playback Theater dinilai bisa memberikan ruang untuk mengakui rasa kehilangan atau luka yang dimiliki sang pencerita, memfasilitasi terciptanya dukungan sosial dan memberi kesempatan untuk memberikan kerangka pikir baru terhadap kehilangan atau luka yang dialami. “Memainkan ulang suatu peristiwa akan membuka kesempatan melihat suatu permasalahan dari perspektif yang lain,” tambahnya.

Ketua Pelaksana Seminar, Sinta, mengungkapkan bahwa seminar ini diikuti oleh 120 peserta yang berasal dari beberapa institusi antara lain dari Universitas Setia Budi, UMS, UNS, Universitas Sanata Dharma, Poltekes Negeri Surakarta, Universitas Mercubuana, Universitas Sahid Surakarta, UIN Walisongo, Unika Soegija Pranata, dan beberapa institusi lain. Selain mengadakan seminar, Fakultas Psikologi USB juga akan mengadakan beberapa agenda kegiatan dalam rangkaian acara Dies Natalis USB diantaranya Kuliah Umum “Peran Psikologi dalam Penguatan Penyitas Bencana” dan kegiatan bertajuk Indigenous Culture Performance of Psychology.

 

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi