slide show
668 Mahasiswa USB ke Singapore
Ditulis oleh Swastika A.R   
Sabtu, 25 November 2017 10:07

Sebanyak 668 mahasiswa USB program reguler angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 mengikuti program Kuliah Umum Internasional atau Overseas Stadium Generale (OSG) di Nanyang Technology University (NTU) Singapore, Selasa (21/11). Program Kuliah Umum Internasional ini merupakan salah satu fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa, yang menjadi agenda rutin Universitas Setia Budi. Sampai dengan Batch ke-8, Universitas Setia Budi sudah memberangkatkan sebanyak 2.024 mahasiswa ke Singapore.

 

Wakil Rektor III USB, Narimo, ST., MM., menyebutkan bahwa jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti OSG ini yakni 694 orang yang terdiri dari 668 mahasiswa dan 26 orang pembimbing, termasuk satu orang Guru SMK Bhakti Mulia Wonogiri, sebagai bentuk apresiasi kepada sekolah atas kerjasama yang telah terjalin selama ini. Ditambahkan, sebagai hasil dari kerjasama antara USB dengan PT. Garuda Indonesia, untuk tahun ini pemberangkatan mahasiswa ke Singapore dilakukan secara berurutan meski tetap terbagi menjadi 2 kloter. Kloter pertama diberangkatkan pada Selasa (21/11), sementara kloter kedua berangkat pada Kamis (23/11). Keduanya berangkat menggunakan pesawat Garuda dengan type Airbus 330-300 dengan sistem carter pesawat. “Dengan adanya sistem carter pesawat ini kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien, sangat membantu di banyak aspek, salah satunya tidak perlu transit ke Jakarta terlebih dahulu. Sehingga dari segi waktu lebih efisien,” tambah Narimo.

Sementara itu, General Manager Branch Office Solo Garuda Indonesia, Aryo Wijoseno, mengatakan, ini bukan pertama kalinya Garuda Indonesia mengantarkan mahasiswa USB ke Singapore, karena sudah 3 tahun ini USB melakukan penandatanganan kerjasama carter pesawat dengan Garuda Indonesia. Menurutnya sistem carter pesawat memberikan kemudahan bagi USB karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pihaknya mengapresiasi USB karena di wilayah Solo sendiri, USB menjadi satu-satunya kampus yang melakukan carter pesawat untuk memberangkatkan mahasiswa ke Luar Negeri.

                         

Ketua BPH YPSB, Ramelan Subagyo, menyebut Program OSG ini merupakan penjajakan awal dari rencana kerjasama internasional. Ke depannya, kerjasama internasional sangat diharapkan, baik dalam bentuk student exchange atau pun joint research dengan salah satu institusi atau lembaga yang ada di Singapore. OSG yang sudah diadakannya selama beberapa tahun ini memberikan efek yang cukup positif bagi mahasiswa. Mahasiswa kini mulai terbuka untuk berkompetisi tidak hanya di tingkat nasional, namun juga di tingkat internasional. Terbukti, beberapa mahasiswa USB berhasil mengikuti program pertukaran pelajar seperti di Mesir, Groningen, dan Malaysia.

                        
Kegiatan utama dalam kegiatan OSG ini adalah Kuliah Umum Internasional di Nanyang Technology University (NTU) Singapore. Para mahasiswa akan diberikan materi bertema Gangguan Kesehatan dan Industri Kesehatan Melalui Genetika yang disampaikan oleh Reza Harith yang merupakan Marketing & Communication Manager Imagene Labs Singapore. Selain itu mahasiswa juga berkesempatan mendapatkan sharing pengalaman dari President PPI MDIS KUMIS (Kumpulan Mahasiswa Indonesia di Singapore), Alvian Chandra, yang menceritakan tentang kehidupan akademis di Singapore.

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi