slide show
Dosen Teknik Industri Usb Kuatkan Ukm Rajut
Ditulis oleh Erni Suparti, ST., MT.   
Jumat, 08 Desember 2017 10:25

Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal Pengabdian Masyarakat, 2 orang dosen Program Studi Teknik Industri Universitas Setia Budi yaitu Erni Suparti, ST, MT dan Ir. Rosleini Ria PZ, MT., melakukan pendampingan kepada 2 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Rajut yang ada di Kota Surakarta. Pendampingan tersebut dilakukan selama 6 bulan, sejak bulan Juli hingga Desember 2017.




2 UKM rajut yang menjadi sasaran program Pengabdian Masyarakat ini adalah Sanggar Rajut yang beralamat di Gang Mega 1 No 9 Jebres, dan Desy Collection yang beralamat di Pucang Sawit RT 02 RW 01, Jebres Kota Surakarta. Kedua UKM rajut tersebut telah menghasilkan berbagai macam produk rajut, diantaranya rompi rajut, tas, dompet, sepatu, syal, topi, bros, kalung, dan berbagai macam aksesoris lainnya. Produk-produk tersebut biasanya dipasarkan di kawasan Car free day Jl Slamet Riyadi Kota Surakarta, Ngarsopuro Night Market dan di berbagai pameran.

Dikatakan bahwa tujuan utama dilakukannya kegiatan pengabdian masyarakat di kedua UKM ini adalah untuk melakukan perbaikan proses produksi, penataan kembali showroom rajut, peningkatan pangsa pasar, perbaikan pencatatan keuangan serta penjaringan pengrajin rajut baru. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka dilakukan beberapa kegiatan diantaranya pengadaan mesin jahit sebagai alat finishing, renovasi showroom, pengecatan, serta penambahan etalase dan manekin, agar display produk rajut menjadi lebih menarik. Selain itu, tim pengabdian masyarakat USB juga menyediakan rak untuk keperluan pameran.

                                                     

Sementara itu, untuk meningkatkan pangsa pasar, tim pengabdian memberikan pelatihan pemasaran online, pembuatan blog dan pembuatan brosur kepada 2 UKM tersebut. Kegiatan penjaringan pengrajin rajut baru dilakukan di Taman Budaya Jawa Tengah dengan memberikan pelatihan rajut bagi Ibu Rumah Tangga di daerah Jebres. Dalam pelatihan rajut tersebut, para ibu peserta pelatihan tampak sangat antusias dengan program pelatihan rajut tersebut. Mereka sudah mulai mampu membuat dompet rajut yang menarik. Dengan program pengabdian ini, proses produksi rajut menjadi lebih cepat, pangsa pasar semakin meningkat, dan mulai muncul pengrajin rajut baru.

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi