slide show
Pengabdian Masyarakat, Dosen Fakultas Ekonomi USB Dampingi Home Industry Tingkatkan Penjualan Produk
Ditulis oleh Swastika A. R.   
Jumat, 23 Februari 2018 14:49

Dalam rangka melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, tim dosen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Setia Budi (USB) yang terdiri dari Sugiarti, SE., M.Sc. dan Eko Madyo Sutanto, SE., M.Si., menerapkan kemampuan dan keahlian yang dimilik untuk diabdikan kepada masyarakat yang berada di RW 34 Clolo, Kelurahan Kadipiro Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta pada Bulan November hingga Desember 2017 lalu. Tim dosen tersebut memberikan pendampingan pada usaha home industry di daerah tersebut untuk membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang strategi promosi dan strategi pengemasan produk.


Saat ini persaingan bisnis yang semakin gencar membuat para pelaku bisnis harus pintar mencari jalan agar produknya terus dicari konsumen. Selain mutu produk, strategi promosi kemasan atau
packaging juga memiliki andil untuk menarik minat konsumen. Persaingan produk yang semakin ketat di pasar mengharuskan produsen untuk berpikir keras meningkatkan fungsi kemasan untuk dapat memberikan daya tarik kepada konsumen melalui aspek artistik, warna, grafis, bentuk maupun desainnya.


Di wilayah Clolo Kadipiro sendiri terdapat beberapa home industry yang digeluti oleh masyarakatnya antara lain usaha catering, bisnis konveksi, jamu tradisional, sepatu, penjahit baju, beras organik, dan beberapa usaha lainnya. Permasalahan yang muncul pada usaha home industry antara lain kurangnya promosi dan strategi pengemasan produk yang higienis dan menarik. Atas dasar hal tersebut, tim dosen FE USB melakukan penyuluhan dan pelatihan tentang cara pengemasan produk yang higienis dan menarik, inovasi produk, diversifikasi produk, serta metode promosi yang modern, dan kewirausahaan bagi pelaku usaha di daerah Clolo Kadipiro.

Ada beberapa metode pelatihan yang dikenalkan pada masyarakat, diantaranya adalah dengan melakukan simulasi strategi promosi yang tepat dalam bentuk pembuatan website, memasarkan produk dalam situs tokopedia/shopee dan model online shop lainnya. Selain itu Tim pengabdi terus melakukan upaya untuk selalu mendampingi dan memotivasi warga untuk aktif berwirausaha dan mampu memproduksi barang, mengemas produk agar lebih menarik dan mampu memasarkan baik secara konvensional mapun modern.

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi