slide show
S1 Psikologi PDF Cetak E-mail

Selayang pandang fakultas Psikologi USB
Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi berdiri sejak tahun 2002. Kurikulum kuliah yang ditawarkan untuk memperoleh derajat kesarjanaan S-1 adalah 8 semester (± 144 SKS). Kurikulum Fakultas Psikologi USB mengadopsi Keputusan dan Kolokium Nasional Psikologi. Fakultas Psikologi USB aktif dalam pertemuan pertemuan asosiasi Psikologi baik tingkat regional (anggota Forum Komunikasi Fak Psikologi Se-Jawa Tengah) maupun nasional (Kolokium Nasional).
Saat ini status Fakultas Psikologi USB sudah terakreditasi. Fakultas psikologi USB memiliki beberapa keunggulan yaitu : memiliki laboratorium psikodiagnostika, laboratorium Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang mewadahi kegiatan praktek diagnostik serta praktek penerapan kurikulum bermain dan belajar bagi anak-anak usia pra-TK dan Pusat Kajian Psikologi Indigenous. Kegiatan yang diselenggarakan oleh fakultas Psikologi cukup beragam, mulai dari kegiatan perkuliahan yang variatif, maupun kegiatan lain yang menunjang kemajuan ilmu psikologi, seperti kegiatan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

Sistem Perkuliahan
Pembelajaran tidak hanya dilakukan dalam bentuk ceramah yang bersifat formal didalam kelas, namun juga berupa kunjungan, ke beberapa tempat yang terkait dengan materi perkuliahan, misalnya : perusahan, sekolah, pusat terapi, situs sejarah budaya dan lain sebagainya, dimana proses pembelajaran yang diselenggarakan diampu oleh dosen-dosen cukup kompeten dibidangnya, baik dari dalam maupun luar kampus (UGM, UNDIP, UNS). Awal semester Gasal, Fakultas Psikologi USB memiiiki program rutin yaitu kuliah umum yang diikuti oieh semua angkatan yang masih aktif di perkuliahan. Kuliah umum ini biasanya diisi oleh ahli dan praktisi dalam bidang psikologi dengan tema-tema yang menarik (misalnya: hipnoterapi, kearifan lokal, peran psikologi dalam kepolisian, dsb). Disamping itu fakultas Psikologi mengembangkan metode "experiential learning" dalam perkuliahannya, yaitu menggunakan pengalaman sehari-hari maupun kejadian ¬kejadian yang terjadi di masyarakat sebagai contoh aplikasi dalam perkuliahan. Dengan demikian proses belajar menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Media yang digunakan dalam proses belajar-mengajar pun juga cukup variatif, mulai dari tayangan mater melalui overhead projector, LCD, maupun tayangan-tayangan gambar atau film.

Yang dipelajari dalam Psikologi?
Psikologi mempelajari bidang-bidang yang menarik dan selalu popular, sesuai dengan perkembangan jaman . Bidang-bidang yang dipelajari adalah bidang psikologi perkembangan, kepribadian, klinis, industry, sosial, pendidikan, bahkan hokum, criminal,bahkan pemerintahan.

Prospek Kerja setelah lulus
Bekerja atau kuliah lanjut ?
A. Bekerja
a. Industri HRD, marketing, trainer, supervisor, dsb.
b. Perkembangan & Klinis - mendeteksi gangguan berdasarkan tahap-tahap perkembangan pada manusia (konsultan,psikolog rumah sakit, Konselor, terapis dsb.)
c. Pendidikan diperlukan kurikulum yang memungkinkan individu untuk berkembang, optimal (staf depdikbud, konsultan pendidikan, guru, bimbingan konseling, terapis dsb)
d. Sosial, hukum, dah pemerintahan kemajuan jaman menimbulkan kemajemukan yang seringkali memunculkan masalah masalah sosial (pengamat sosial, psikolog angkatan,relawan)

Kompetensi Program Studi
Program Studi S-1 Psikologi Universitas Setia Budi bertujuan antara lain untuk membangun sumber daya manusia yang kampeten, profesional, dan produktif dalam pengembangan dan aplikasi ilmu Psikologi dalam pemecahan masalah, berpikir Analitis dan mandiri, sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan. Oleh karena itu perlu untuk mendesain proses pendidikan yang efektif, environment-link, industry-link dan bermuatan soft skill dengan kurikulum yang mencakup kompetensi inti ilmu Psikologi, kompetensi pendukung, serta kompetensi lain ;.kewirausahaan dan berwacana pemanfaatan kemajuan teknolagi informasi. Selain itu perlu diselenggarakan unit-unit penelitian terapan, program-program peningkatan ketrampilan bersertifikat, kerjasama serta pelatihan-pelatihan profesional untuk kebutuhan industri, masyarakat, serta stakeholder lainnya. Beberapa hal diatas merupakan hal yang umum dilakukan oleh program studi S-1 Psikologi lainnya,namun yang membedakannya adalah Program studi S-1 Psikologi menitikberatkan pada kearifan lokal (Psikalogi'lndigenous)

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi