slide show
BEM Fakultas Farmasi USB Adakan Kunjungan Industri
Ditulis oleh Swastika Ardhana R.   
Selasa, 03 April 2018 14:50

Untuk menambah wawasan sesuai bidang yang ditekuni, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta menyelenggarakan kegiatan Kunjungan Industri pada Senin (26/3), yang bertempat di PT. Indofood Tbk. Semarang dan PT. Victoria Care Indonesia. Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 52 mahasiswa Universitas Setia Budi. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa dapat melihat langsung pembuatan produk obat, jamu, makanan, dan kosmetik secara langsung.

 

Ketua pelaksana kegiatan, Irtama Khoirul Anisa, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk lain perkuliahan yang menarik dan inovatif. Selain itu, kegiatan ini juga menunjukkan eksistensi mahasiswa farmasi Universitas Setia Budi untuk selalu mengikuti informasi farmasi yang aktual dan terkini.

Kunjungan Industri ini mengambil tema “Menjadikan Kunjungan Industri sebagai sarana pembelajaran yang inovatif dan kreatif”. Maksud dari tema tersebut adalah bahwa mahasiswa juga dapat menambah ilmu pengetahuan mengenai kefarmasian, salah satunya melalui kunjungan ke suatu industry obat, kosmetik, makanan dan minuman serta jamu.

Dalam peran farmasis sebagai salah satu tenaga kesehatan, seorang farmasis harus mampu melayani masyarakat secara umum dan harus selalu mengikuti perkembangan ilmu farmasi. Peran farmasis di industry misalnya, seorang farmasis harus selalu menciptakan inovasi terbaru yang menyokong pelayanan kesehatan di kalangan masyarakat secara keseluruhan. Sejalan dengan peran farmasis di klinis, seorang farmasis harus mampu secara aktif menjalankan komunikasi baik dengan rekan sejawat, misalnya dokter dan praktisi kesehatan lain, maupun dengan masyarakat yang dalam hal ini tidak harus seorang pasien, yang didasarkan pada ilmu pengetahuan, kemampuan dan pengalaman sehingga terjalin komunikasi yang interaktif dan edukatif. Konsep ini dikenal dengan istilah Pharmaceutical Care. Pharmaceutical Care ditandai dengan adanya kepedulian akan keamanan dan efektifitas yang diberikan oleh seorang farmasis dengan memperhitungan aspek ekonomi melalui rekan sejawat di bidang kesehatan.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasan mengenai peranan farmasis di Bidang Industri, mengembangkan pegetahuan tentang perkembangan farmasi yang aktual dan terkini, dan dapat mewujudkan reformasi kesehatan khususnya di bidang farmasi demi tercapainya penghargaan yang layak terhadap komitmen farmasi.

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi