slide show
Kunjungan Industri HMJ S1 Teknik Kimia ke Semarang
Ditulis oleh Esther Mutiara Santallum E T   
Senin, 21 Mei 2018 07:35

Kunjungan industri mahasiswa Jurusan S1 Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Setia Budi. pada hari Senin, tanggal 7 Mei 2018 di PT. VICTORIA CARE yang berlokasi di Semarang, Jawa tengah . Tujuan kunjungan para mahasiswa ke PT. VICTORIA CARE tidak lain adalah untuk melakukan observasi yang biasa disebut dengan kunjungan industri. Kegiatan kunjungan industri ini merupakan program kegiatan kunjungan pertama kali yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia (HMJTK), karena mengingat sebelumnya kegiatan ini dilakukan oleh seluruh mahasiswa fakultas Teknik sebagai salah satu mata kuliah yang diwajibkan.
Muhamad Nur Wahid sebagai ketua pelaksana kegiatan dan juga ketua HMJTK mengambil tema kunjungan industri yaitu “Kunjungan Industri Sarana Aplikasi Teori”. Maksud dari tema tersebut adalah melalui kunjungan industri ini pelajaran yang didapatkan selama perkuliahan dapat dilihat praktiknya secara nyata dalam industri melalui PT. VICTORIA CARE yang menggunakan proses-proses bidang keteknikan dan analisis kimia sebagai uji kualitas produk.

Kunjungan ini diikuti oleh 26 mahasiswa dari angkatan 2016 dan 2017 dan seorang dosen pendamping. Para mahasiswa tiba di PT. VICTORIA CARE sekitar pukul 09.00 WIB. Sesampainya di sana, mahasiswa disambut oleh pihak industri dan dipersilahkan masuk oleh seorang pemandu. Mahasiswa langsung diajak untuk melihat-lihat berbagai proses analisis pembuatan produk seperti pengukuran pH dan viskositas serta sterilisasi produk. Kemudian beralih ke ruang lainnyauntuk mengenal dan mengetahui proses pembuatan produk dalam skala besar mulai dari proses pencampuran bahan dalam dua jenis reaktor yaitu padatan dan cairan, jenis bahan baku, metode pengolahan produk, hingga dihasilkan produk jadi yang siap untuk dipackaging serta penyimpanan produk jadi yang menggunakan metode First In First Out (FIFO). Selanjutnya pemandu mengajak untuk melihat tempat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di mana dijelaskan bagaimana cara pengolahan limbah padat dan cair yang tepat dan benar.

Plant touring diakhiri dengan istirahat untuk melihat video cuplikan tentang PT. VICTORIA CARE di mana PT. VICTORIA CARE adalah perusahaan industri terbaik yang menghasilkan produk kosmetik seperti Victoria Cologne, produk Herborist, produk Iria, Nu Face Masker, Miranda Hair Care, dll. serta poduk health care dan toiletries yang merupakan visi dari perusahaan industri tersebut.

Acara berakhir sekitar pukul 13.00 WIB dengan diakhiri penyerahan kenang-kenangan dari pihak HMJTK yang diwakili oleh bapak Wisnu Arfian AS., S.Si.,M.Sc selaku dosen Fakultas Teknik kepada pihak industri PT. VICTORIA CARE. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pengalaman dan pelajaran untuk diterapkan dalam perkuliahan bidang keteknikan dan kunjungan industri dapat menjadi program kegiatan tahunan Himpunan Mahasiswa Jurusan S1 Teknik Kimia.

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi