slide show
USB Lantik Mahasiswa Baru
Ditulis oleh Swastika Ardhana R.   
Rabu, 29 Agustus 2018 17:09

Dalam rangka melantik Mahasiswa Baru TA 2018/2019, Universitas Setia Budi Surakarta mengadakan Sidang Senat Terbuka Pelantikan Mahasiswa Baru Universitas Setia Budi TA 2018/2019 pada Senin (27/8) bertempat di Gedung Graha Saba Buana Surakarta. Kini para mahasiswa baru tersebut telah resmi menjadi mahasiswa Universitas Setia Budi Surakarta.

 



Usai sidang senat, para mahasiswa mengikuti kegiatan Kuliah Umum yang disampaikan oleh beberapa pembicara dengan tema yang berbeda-beda. Pada kesempatan tersebut, Rektor USB, Dr. Ir. Djoni Tarigan, MBA menyampaikan Kuliah Umum dengan tema Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia, dan Pembinaan Gerakan Nasional Revolusi Mental : Indonesia Melayani, Bersih, Tertib, Mandiri, dan Bersatu. Selain itu, juga disampaikan materi tentang Pembinaan Kesadaran Bela Negara dan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara oleh Korem 074 Warastratama Surakarta. Sementara dari Polresta Surakarta memberikan materi terkait Bahaya Narkoba dan Pengetahuan Hukum Tindak Pidana Pornografi.

Wakil Rektor III USB, Narimo, ST., MM., dalam sambutannya menyatakan sebelum kegiatan perkuliahan dimulai perlu adanya kegiatan Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan Masa Orientasi Mahasiswa Baru (PPSPP MASIMABA) Tahun Akademik 2018/2019 dan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Pra Dasar (LKMM-PD). Hal tersebut dilakukan agar proses adaptasi kehidupan akademik di perguruan tinggi dapat segera tercapai, sehingga tercipta hubungan yang harmonis dengan lingkungan di Universitas Setia Budi, dan kondisi yang kondusif dalam perkuliahan untuk dapat menghasilkan manusia yang berilmu dan berbudi pekerti luhur. 

      

Wakil Rektor III USB menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa baru menjadi lebih siap secara psikologi maupun sosial untuk dapat mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi, siap mengikuti proses pembelajaran pendidikan tinggi, dan berpartisasi aktif dengan melibatkan diri dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan.

PPSPP Masimaba merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk mengembangkan masing-masing mahasiswa. Dalam kegiatan ini, masing-masing individu dituntut untuk menjadi individu yang dapat bekerja sama dengan orang lain dan mengembangkan saling keterbukaan, kepercayaan, kebersamaan. Tujuan utama dari PPSPP MASIMABA 2018 adalah mahasiswa diharapkan mampu bekerja sama, kritis, dinamis, fleksibel, produktif, kreatif, inovatif, dan berjiwa sosial.

Selain PPSPP, mahasiswa baru USB juga akan mengikuti kegiatan LKMM-PD. Kegiatan ini membekali mahasiswa baru dengan ketrampilan dasar dalam berkomunikasi, mengenal potensi diri, mengembangkan sikap kritis dan memposisikan diri secara efektif, sehingga dapat memanajemen diri. Tema LKMM-PD tahun ini adalah “Pengembangan Wawasan Dan Sikap Ilmiah serta Manajemen Diri”.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PPSPP Masimaba 2018, Alfian Fendy Setiawan menjelaskan bahwa kegiatan MASIMABA (Masa Orientasi Mahasiswa Baru) ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru seputar lingkungan kampus, agar mahasiswa baru mampu beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungan sehingga dapat menunjang kegiatan belajar mengajar.

Tahun ini kegiatan MASIMABA mengangkat tema “Explore Our Future“, hal ini dimaksudkan agar mahasiswa baru nantinya mampu mengembangkan diri dengan mengasah segala potensi yang ada pada dirinya, baik itu dalam bidang akademis maupun non-akademis.

 


Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi