slide show
S1 Psikologi
Fakultas Psikologi USB Adakan Workshop Psychopuncture
Ditulis oleh Swastika A.R., S.I.Kom   
Kamis, 11 Januari 2018 09:46

Penyembuhan atau antisipasi suatu penyakit seringkali hanya mengedepankan obyek fisik, yaitu tubuh. Padahal kesehatan jiwa atau psikis juga berpengaruh pada kesehatan fisik seseorang. Psikis yang sehat dinilai dapat memberikan energi yang positif bagi tubuh, begitu pula sebaliknya. Sebuah terapi yang mencoba menerapkan pendekatan holistic, fisik, dan jiwa adalah terapi Psychopunture. Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia, Rosita Yuniati, M.Psi., Psi., saat membuka Workshop Psychopuncture yang diadakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta pada Sabtu (6/1) di Hotel Megaland Surakarta.

Selanjutnya...
 
Fakultas Psikologi USB Bahas Psikodrama
Ditulis oleh Swastika Ardhana R.   
Selasa, 07 November 2017 16:14

Psikodrama adalah action method yang memanfaatkan kekuatan dari spontanitas drama untuk memahami permasalahan dan melakukan integrasi. Psikodrama sendiri salah satunya berguna untuk membantu seseorang untuk melihat diri mereka ataupun situasi yang mereka alami dari perspektif lain. Psikodrama bisa dilakukan di bidang psikologi klinis, sosial, industri, dan pendidikan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kuriake Kharismawan, S.Psi., M.Si., Psi., yang menjadi pembicara dalam Seminar yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi, Selasa (7/11) di Gedung A.1.1 USB.

Selanjutnya...
 
Fakultas Psikologi USB Adakan Talkshow tentang Anak Gifted
Ditulis oleh Swastika Ardhana R.   
Senin, 22 Mei 2017 16:40

Sebagai salah satu bagian dari institusi pendidikan di masyarakat, Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta mengadakan sebuah kegiatan seminar dan Talkshow tentang Identifikasi dan penanganan anak Gifted. Gifted sendiri merujuk pada suatu bakat istimewa yang tidak lazim dimiliki oleh manusia biasa, dan merupakan sesuatu yang sifatnya diwariskan (genetically herediter). Anak-anak yang menunjukkan suatu bentuk bakat yang istimewa ini kemudian lazim disebut sebagai gifted children. Untuk menjawab problematika orangtua, guru dan konselor, khususnya dalam menangani anak gifted maka Fakultas Psikologi USB mengadakan talkshow bertempat di Hotel Pose Inn Surakarta, Sabtu (29/4). Kegiatan ini dipandu oleh Narasumber yang kompeten dan berpengalaman di bidang ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) yaitu Dr. Endang Widyorini, MS., Psi.

Selanjutnya...
 
Fakultas Psikologi USB Gelar Workshop
Ditulis oleh Swastika Ardhana Riswari, S.I.Kom   
Jumat, 16 Desember 2016 09:51

Sebagai calon lulusan ataupun praktisi dalam bidang Psikologi, pengetahuan tentang teknik wawancara sangat dibutuhkan. Seorang Psikolog, Ankur Garg, menyatakan bahwa wawancara dapat menjadi alat bantu saat dilakukan oleh pihak yang mempekerjakan seorang calon / kandidat untuk suatu posisi, atau orang biasa yang sedang mencari tahu tentang kepribadian seseorang ataupun mencari informasi. Teknik wawancara di tempat kerja ada 2 jenis yakni wawancara tradisional dan wawancara behavioral. Wawancara kerja behavioral dimaksudkan untuk mengetahui respon individu terhadap suatu kondisi atau situasi tertentu sehingga pewawancara dapat melihat bagaimana pelamar memandang suatu tantangan / permasalahan dan menemukan solusinya dari proses awal hingga pencapaian yang dilakukan, dalam hal ini dikenal dengan istilah STAR (Situation, Task, Act, Result). Hal tersebut disampaikan oleh Rocky Valentino, M.Si., Psi., pembicara dalam Workshop dengan tema “Wawancara Kerja Berbasis STAR (Situation, Task, Act, Result)” yang diadakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta, Sabtu (3/12) bertempat di Hotel Dana Surakarta.

Selanjutnya...
 
Fakultas Psikologi USB Peringati Hari Kesehatan Mental Dunia di CFD
Ditulis oleh Administrator   
Senin, 17 Oktober 2016 12:12

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia, Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta menggelar sebuah event di area Car Free Day Kota Surakarta, Minggu (9/10) pagi. Dalam kegiatan ini, Fakultas Psikologi USB Solo menggandeng Loveland yang merupakan lembaga yang mewadahi anak-anak berkebutuhan khusus.
Tema yang diangkat dalam event kali ini adalah “Mental Healthy for Better Life”. Perwakilan dari Loveland, Mujadi Tani, mengatakan bahwa Loveland memang didirikan untuk men-support keberadaan anak-anak berkebutuhan khusus untuk tetap berkarya. Loveland yang didirikan sejak tahun 2012 ini mengapresiasi event yang diadakan oleh Fakultas Psikologi USB di acara Car Free Day ini. “Semakin banyak sosialisasi kepada masyarakat, kita harapkan masyarakat semakin tau cara penanganannya. Dan cara pandang terhadap anak-anak berkebutuhan khusus bisa berubah, bahwa mereka in ternyata juga bisa berkarya,” ungkapnya. Dalam kegiatan ini, karya-karya anak-anak berkebutuhan khusus dipamerkan. Terdapat lima sketsa gambar yang dipajang untuk dipamerkan kepada masyarakat.

Selanjutnya...
 




Copy Right © 2011 < SiManis - Puskom - USB >. Valid XHTML and CSS.

Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Dengan Mengatasnamakan Universitas Setia Budi