Fakultas Teknik USB Tambah Doktor Baru di Bidang Ilmu Lingkungan

Usai mengikuti Ujian Terbuka Promosi Doktor Program Studi S3 Ilmu Lingkungan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada Kamis (28/01/2021), dosen Fakultas Teknik, sekaligus Wakil Rektor II Universitas Setia Budi (USB) Surakarta, Narimo, ST., MM., berhasil meraih Gelar Doktor. Dr. Narimo, ST., MM., menulis disertasi yang berjudul “Pengolahan Limbah Logam Berat Pb(II),Cr(VI) dengan Kombinasi Adsorpsi Nanopori Karbon Aktif Ampas Tebu (Saccharum officinarum) dan Fitoremidiasi Purun Tikus (Eleocharis dulcis)” dengan Promotor Prof. Dr. rer.nat.Sajidan, M.Si., Ko-Promotor I, Dr. M.Masykuri, M.Si., dan Ko-Promotor-II, Prof. Dr. Ir. MTh. Sri Budiastuti, M.Si.

Dalam ringkasan disertasinya, Dr. Narimo, ST., MM., mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil penelitian disertasi, model instalasi pengolahan limbah cair dengan kombinasi metode adsorpsi dan fitoremediasi merupakan kebaharuan yang dapat digunakan sebagai alternatif pengolahan limbah cair industri pelapisan logam, karena dapat menurunkan parameter limbah cair yang berhubungan dengan konsentrasi zat pencemar yaitu logam berat timbal Pb(II) dan kromium (VI). Kapasitas model instalasi pengolahan air limbah  kombinasi metode adsorpsi dan fitoremediasi dari hasil penelitian ini sebesar 144 liter per hari, kapasitas ini dapat diperbesar jika akan digunakan pada skala industri.  Adsorben serbuk nanopori ampas tebu mempunyai kegunaan produk yang berpengaruh positif dan signifikan pada sikap terhadap produk pada masyarakat industri. Kemudahan untuk mendapatkan adsorben ampas tebu dan tanaman purun tikus serta harga yang murah merupakan jaminan keberlangsungan proses instalasi pengolahan air limbah ini.

Dengan selesainya ujian terbuka Dr. Narimo, ST., MM. ini, maka Fakultas Teknik USB memiliki satu tambahan doktor baru di bidang Ilmu Lingkungan. Semoga ilmu yang telah diperoleh dapat bermanfaat dan memberikan kemajuan bagi USB. Segenap pimpinan dan civitas akademika USB mengucapkan selamat atas keberhasilan ini.