Fakultas Ilmu Kesehatan USB Miliki Doktor Baru

Usai mengikuti Ujian Terbuka Promosi Doktor Program Studi Doktor Biologi Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Setia Budi (USB) Surakarta, Ifandari, S.Si., M.Si., berhasil meraih Gelar Doktor di Bidang Biologi. Dr. Ifandari, S.Si., M.Si., menuliskan disertasi yang berjudul “Aktivitas Sitotoksik Dan Antiproliferatif Fraksi Ekstrak Rhizoma Ganyong (Canna indica L.) Terhadap Sel WiDr Serta Karakterisasi Kandungan Kimia Fraksi Aktifnya” dengan Promotor Dr. Rarastoeti Pratiwi, M.Sc.

Dalam ringkasan disertasinya, Dr. Ifandari, S.Si., M.Si., mengungkapkan bahwa Ganyong memiliki aktivitas sitotoksik terhadap sel kanker leukemia P-388, menghambat pertumbuhan polip dysplasia, dan menghambat ekspresi faktor yang menyebabkan perkembangan kanker kolon secara in vivo. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengkaji efek sitotoksik kultivar ganyong merah dan hijau terhadap sel kanker kolon WiDr, mencari fraksi yang paling toksik dari ekstrak ganyong terpilih terhadap sel WiDr, menentukan mekanisme sitotoksisitas dan antiproliferatif dari fraksi dan juga mengkarakterisasi senyawa yang ada dalam fraksi tersebut. Umbi ganyong didapatkan dari daerah Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak diklorometan ganyong merah memiliki toksisitas paling tinggi dibandingkan ekstrak diklorometan ganyong hijau, ekstrak etanol ganyong merah dan ekstrak etanol ganyong hijau terhadap sel WiDr.

Dengan selesainya ujian terbuka Dr. Ifandari, S.Si., M.Si. ini, maka Fakultas Ilmu Kesehatan USB memiliki satu tambahan doktor baru di bidang Biologi. Semoga ilmu yang telah diperoleh dapat bermanfaat dan memberikan kemajuan bagi USB. Segenap pimpinan dan civitas akademika USB mengucapkan selamat atas keberhasilan ini.