Baksos Ramadhan, USB Bagikan Paket Sembako

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci bagi umat Muslim. Bulan suci Ramadhan menjadi kesempatan atau momentum untuk meningkatkan ketakwaan, salah satunya dengan menumbuhkan semangat untuk bersedekah. Tidak terkecuali bagi Universitas Setia Budi (USB) Surakarta, yang menjadikan moment Bulan Ramadhan untuk megadakan kegiatan Bakti Sosial bagi masyarakat yang ada di lingkungan sekitar USB. Bakti Sosial ini diwujudkan dalam bentuk pembagian paket sembako kepada masyarakat sekitar yang diadakan pada Jumat (30/04/2021) di Gedung A USB. Sebanyak 62 paket sembako telah terdistribusi kepada warga yang berasal dari 4 RT di lingkungan sekitar USB.

Selain sebagai wujud kepedulian USB kepada masyarakat sekitar, kegiatan ini juga sebagai salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. Bekerja sama dengan Ketua RT di lingkungan sekitar USB untuk mendata warga kurang mampu yang dinilai berhak mendapatkan paket sembako tersebut, kegiatan ini melibatkan perwakilan Program Studi dan sivitas akademika USB. Selama beberapa hari, disediakan kotak donasi yang diisi oleh sivitas akademika USB, dimana dana yang terkumpul digunakan sebagai tambahan untuk menyediakan paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut juga dilangsungkan sosialisasi cara mencuci tangan yang benar, dan lomba cuci tangan yang difasilitasi oleh Fakultas Ilmu Kesehatan, yang diikuti oleh warga yang hadir mengambil paket sembako. Warga juga diingatkan untuk tetap mematuhi 3M (Mencuci tangan menggunakan sabun, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak) karena masa pandemi Covid-19 belum berakhir. Kegiatan Baksos Ramadhan ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi USB untuk berbagi kepada masyarakat sekitar.