Hargai Pengalaman Kerja, USB Buka Program RPL

 

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) merupakan program penyetaraan akademik atas pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi. Program RPL ini merupakan program seleksi calon mahasiswa baru melalui seleksi terbatas untuk peserta yang telah memiliki pengalaman kerja. Universitas Setia Budi (USB) saat ini membuka penerimaan mahasiswa baru untuk program RPL pada beberapa program studi. Melalui Program RPL ini gelar Sarjana dapat diperoleh dengan waktu yang lebih singkat yakni 2 hingga 6 semester, sesuai dengan hasil assesmen yang dilakukan.

Terdapat 5 program studi di USB yang saat ini dibuka untuk program RPL antara lain S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Industri, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, dan S1 Psikologi. Wakil Rektor I USB, Dr. Dra. Peni Pujiastuti, M.Si., menjelaskan bahwa Program RPL ini sendiri baru pertama kalinya dibuka untuk program Sarjana oleh Kemdikbud. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada setiap warga negara melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana, melalui pengakuan pengalaman kerja, pendidikan formal, informal dan non formal. Pengakuan ini berdasarkan kesesuaian dengan capaian pembelajaran lulusan pada prodi yang dituju.

Lebih lanjut dijelaskan, sasaran dari program RPL ini adalah semua warga negara Indonesia, dan tidak dibatasi usia, memiliki ijasah minima SMA atau D1/D2/D3 dengan pengalaman kerja. Dr. Dra. Peni Pujiastuti, M.Si., menyebutkan, semakin banyak pengalaman kerja yang dibuktikan dengan sertifikat, hasil karya atau lainnya, apabila sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), maka semakin sedikit mata kuliah yang harus ditempuh dalam pendidikan sarjana.

Terdapat beberapa keuntungan bagi mahasiswa yang mengambil Program RPL ini, antara lain waktu studi program sarjana sangat singkat minimal 1 tahun, ada pengakuan pengalaman kerja, dan ada bantuan pendidikan sebesar 2,4 juta dari Kemdikbud. “Nilai plus bila mengambil Program RPL di USB, pembelajarannya dilakukan oleh dosen yang kompeten dan berpengalaman, masa studinya singkat, dan kuliahnya secara daring,” tambah Dr. Dra. Peni Pujiastuti, M.Si.

Dalam Program RPL ini, setiap peserta yang dinyatakan lolos dalam proses assesmen akan ditetapkan dengan SK Rektor dan didaftarkan pada Pangakalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), sehingga resmi terdaftar sebagai mahasiswa aktif. Kemudian setelah dinyatakan lulus dalam rapat yudisium, Mahasiswa RPL akan didaftarkan untuk mendapatkan Penomoran Ijasah Nasional (PIN) dari DIKTI. Sehingga ijazah yang diperoleh adalah legal. Pendaftaran Program RPL di USB sendiri akan dibuka sampai dengan tanggal 30 Agustus 2021.