USB Sambut 742 Mahasiswa Baru

Universitas Setia Budi Surakarta (USB) menggelar Sidang Senat dalam rangka pembukaan acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2021/2022 pada Senin (20/09/2021) di Gedung A.1 Universitas Setia Budi. Karena masih berlangsung dalam masa pandemi Covid-19, maka kegiatan ini hanya dihadiri oleh beberapa perwakilan mahasiswa baru, dan diikuti oleh semua mahasiswa baru secara online melalui platform Zoom Meeting dan live streaming melalui channel youtube Universitas Setia Budi.

Dalam laporannya, Wakil Rektor III USB, Dr. apt. Titik Sunarni, S.Si., M.Si., menyatakan bahwa sebanyak 742 mahasiswa baru telah melakukan registrasi per tanggal 19 September 2021, termasuk mahasiswa dari Program Profesi Apoteker, dan belum termasuk mahasiswa Program Studi S2 Ilmu Farmasi dan RPL, karena proses penerimaan mahasiswa baru untuk program tersebut masih berlangsung. Wakil Rektor III USB menegaskan bahwa menjadi seorang mahasiswa tentu berbeda dengan menjadi seorang siswa. Kata “maha” adalah sebuah cerminan yang istimewa namun sekaligus menjadi tantangan. Menjadi mahasiswa maka akan diuji untuk menjadi orang yang bertindak sesuai dengan perkataan, dituntut untuk bertanggung jawab, mandiri, dan memiliki referensi untuk meningkatkan kemampuan akademis maupun non akademis.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor I USB, Dr. Dra. Peni Pujiastuti, M.Si., menjelaskan, tujuan umum PKKMB tahun 2021 adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi. Kegiatan PKKMB diharapkan menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu.

Sementara kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Pra Dasar (LKMM-PD) bertujuan untuk membekali mahasiswa baru dengan ketrampilan dasar dalam berkomunikasi, mengenal potensi diri, mengembangkan sikap kritis dan memposisikan diri secara efektif, sehingga dapat memanajemen diri untuk mencapai seorang yang memiliki karakter. Hasil dari kegiatan ini, secara umum diharapkan dapat menjadi bagian dari program Revolusi Mental yang sedang diupayakan oleh pemerintah Indonesia dan secara khusus diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa baru dalam mengarungi pengalaman barunya sebagai mahasiswa baru di Universitas Setia Budi Surakarta. Tema LKMM-PD tahun ini adalah “Pengembangan Wawasan Dan Sikap Ilmiah Serta Manajemen Diri”.

Rangkaian kegiatan PPKMB dan LKKM-PD yang diikuti oleh mahasiswa baru USB akan berlangsung hingga Sabtu (25/09/2021). Dalam kegiatan tersebut mahasiswa baru mengikuti kuliah umum, dan akan dikenalkan dengan berbagai organisasi kemahasiswaan dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di USB. Setelah kegiatan tersebut berakhir, mahasiswa akan mulai melakukan kegiatan pembelajaran.