Mahasiswa USB Lolos Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

 

Sebanyak 3 mahasiswa Universitas Setia Budi (USB) Surakarta berhasil lolos dalam seleksi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka MBKM yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Mereka adalah Dina Leniarti dan Risqi Ayu Febriana (mahasiswa semester 5 Program Studi S1 Farmasi), serta Jennifer Svetlana Agata Fun (mahasiswa semester 3 Program Studi S1 Psikologi) yang ditempatkan di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar sebagai kampus tujuan mata kuliah luring. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka MBKM ini rencananya akan berjalan selama 1 semester.

Sebagai mana dikutip dari laman Kemdikbud, melalui pertukaran mahasiswa merdeka ini para mahasiswa diharapkan dapat mengekslor dan mempelajari keberagaman budaya nusantara, berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah, dan berkesempatan belajar di kampus lain di Indonesia. Mahasiswa perlu berpartisipasi dalam program ini karena di sini mereka bisa berjumpa dengan mahasiswa dari daerah lain. Selain itu, program ini dinilai dapat memperluas atau meningkatkan kompetensi akademik, dan mengembangkan kepemimpinan, rasa percaya diri dan kepekaan sosial dalam diri mahasiswa.

Dina menyatakan, dalam pertukaran mahasiswa merdeka ini mahasiswa bisa memilih mata kuliah daring dan mata kuliah luring yang akan diikuti. 3 mahasiswa USB tersebut ditempatkan di Universitas Muslim Indonesia (UMI Makassar) sebagai kampus tujuan mata kuliah luring. Sedangkan di mata kuliah daring, mahasiswa bisa memilih mata kuliah unggulan dari universitas-universitas yang ada di Indonesia baik negeri maupun swasta. Untuk mata kuliah daring Dina Leniarti (S1 Farmasi) memilih untuk belajar dari Universitas Halu Oleo, Universitas Hang Tuah, Universitas Airlangga, dan Universitas Surabaya. Sementara Risqi Ayu Febriana (S1 Farmasi) memilih belajar secara daring dari Universitas Hang Tuah dan Universitas Gadjah Mada. Sedangkan Jennifer Svetlana Agata Fun (S1 Psikologi) belajar secara daring dari Universitas Islam Riau, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dan Universitas Pembangunan Jaya Tangerang.

Dina mengaku, dengan mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka ini mereka banyak mendapat pengalaman dan teman baru dari kampus-kampus lain. Selain itu, mereka juga bisa merasakan bagaimana suasana perkuliahan di kampus-kampus tersebut.