Asesmen Lapangan Prodi S1 Teknik Industri

 

Dalam rangka memperbaharui status akreditasi, Program Studi (Prodi) S1 Teknik Industri Universitas Setia Budi (USB) mengikuti kegiatan asesmen lapangan pada Rabu (16/02/2022) di Gedung A Universitas Setia Budi Surakarta. Kegiatan asesmen lapangan ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan dalam proses akreditasi. Dalam kegiatan tersebut, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menugaskan 2 asesor yakni Prof. Suparno, MSIE, Ph.D dan Dr. Ir. Hotniar Siringoringo, M.Sc.

Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi. Sedangkan BAN-PT merupakan satu-satunya badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Asesmen lapangan sendiri dilakukan terhadap program studi yang telah memenuhi persyaratan evaluasi kecukupan.

Kegiatan asesmen lapangan ini berlangsung selama 2 hari, terdiri dari beberapa sesi yang menghadirkan beberapa pihak antara lain Pimpinan Unit Pengelola Program Studi, Pelaksana Penjaminan Mutu Internal, sivitas akademika, dan beberapa pihak lain termasuk mahasiswa, alumni, dan pengguna eksternal.

Hasil asesmen lapangan nantinya akan digunakan oleh Dewan Eksekutif BAN-PT untuk menetapkan status akreditasi dan peringkat terakreditasi. Penetapan hasil tersebut dituangkan dalam bentuk keputusan BAN-PT dengan masa berlaku 5 tahun.

Prodi S1 Teknik Industri memiliki visi menjadi penyelenggara pendidikan tinggi Teknik Industri yang bermutu, professional dan terpercaya di tingkat nasional pada bidang Manufaktur dan Manajemen Industri. Dari kegiatan asesmen lapangan ini diharapkan Prodi S1 Teknik Industri bisa mendapatkan hasil terbaik demi terwujudnya lulusan S1 Teknik Industri USB yang kompeten, professional, dan berbudi pekerti luhur.