Fakultas Psikologi USB bekali Mantan Pecandu Napza dengan “Motivation and E-Commerce Training”

 

Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta, melalui Tim pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari Mohammad Khasan, S.Psi, M.Si, dan Dra. Endang Widyastuti, MA serta beberapa mahasiswa, bekerja sama dengan Yayasan Mitra Alam Surakarta mengadakan pengabdian masyarakat bertema Pemberdayaan Penerima Manfaat (PM) Yayasan Mitra Alam: “Motivation and E-Commerce Training” pada Sabtu (6/4/2019) di Gedung A Universitas Setia Budi Surakarta.

Penerima manfaat tersebut adalah orang-orang yang sudah memasuki pasca rehabilitasi dari kecanduan napza dan saat ini mulai melakukan aktivitas kembali untuk melakukan sebuah pekerjaan untuk dapat diterima kembali di masyarakat. Yayasan Mitra Alam merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial, salah satunya dalam hal penanggulangan penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif (napza). Acara ini dihadiri oleh 20 orang penerima manfaat dan 5 orang pendamping dari Yayasan Mitra Alam.

Mohammad Khasan, S.Psi, M.Si, mengatakan bahwa saat ini, Indonesia banyak menjadi incaran dari para pengedar napza. Banyak kasus kriminalitas yang pelakunya dari kalangan remaja, yang ternyata setelah ditelusuri oleh pihak berwajib, mereka mengkonsumsi napza agar lebih berani dalam menjalankan aksinya. Badan Narkotika Nasional (BNN) menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk menangani penyalahgunaan Napza tersebut. Penanganan ini tentunya, tidak bisa lepas dari kerjasama dengan pihak lain seperti LSM atau institusi yang peduli dengan penanggulangan napza, pihak kepolisian serta unsur masyarakat lainnya termasuk dari pihak akademisi.

Dalam kegiatan tersebut, para Penerima Manfaat (PM) Yayasan Mitra Alam dibekali materi terkait Motivation and E-Commerce Training. Materi tersebut disampaikan oleh Dosen Fakultas Teknik Universitas Setia Budi Surakarta, yang juga praktisi dalam hal e-commerce selama kurang lebih 10 tahun terakhir yaitu Bagus Ismail Adhi Wicaksana, ST, MT., yang memberikan penjelasan tentang bagaimana mengoptimalkan media sosial dan online untuk melakukan perdagangan secara online atau yang sering kita kenal dengan e-commerce.

Sementara itu dosen Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi, Yustinus Joko Dwi Nugroho, M.Psi, Psi. memberikan materi terkait peningkatan motivasi dan trik psikologis yang mendukung serta menjaga motivasi individu. Pihaknya menekankan terkait bagaimana menumbuhkan motivasi untuk menjadi seorang wirausaha (entrepreuner), dimana harus disadari juga bahwa untuk menjadi seorang entrepreuner bukan hal yang mudah dan banyak dinamikanya. Melalui hasil kuesioner yang diberikan sebelum dan sesudah acara, para penerima manfaat mengaku cukup senang dan menjadi lebih memahami dengan mudah bagaimana menjadi seorang entrepreuner di bidang e-commerce. Mereka menjadi lebih tercerahkan untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya.