125 Apoteker USB Disumpah

 

Sebanyak 125 apoteker baru Universitas Setia Budi (USB) Surakarta mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah apoteker Angkatan XLI pada Kamis (31/03/2022) di The Alana Hotel & Convention Surakarta. Apoteker yang baru dilantik ini telah menempuh kegiatan akademik selama 2 semester yakni perkuliah dan Praktek Kerja Profesi Apoteker.

Kepala bidang SDK Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Riptieni Tri Lutiarsi, SKM, M.Kes. dalam sambutannya menyatakan bahwa di dunia kerja nanti, apoteker harus mampu berinteraksi dengan masyarakat dan dengan sesama tenaga kesehatan. Menurut WHO, peran apoteker disimpulkan melalui konsep “seven star pharmachist” dimana apoteker berperan sebagai caregiver, communicator, decision-maker, teacher, lifelong learner, leader dan manager. Apoteker harus selalu berpegang teguh pada janji atau sumpah apoteker dan kode etik apoteker Indonesia. Selain itu, seorang apoteker diharapkan bisa menjadi duta informasi literasi obat-an bagi masyarakat. Ditekankan bahwa belajar adalah sepanjang hayat karena ilmu pengetahuan terus berkembang.

Sementara itu Ketua Ikatan Apoteker Indonesi, apt. Drs. Nurul Falah Eddy Pariang, menekankan bahwa budi pekerti luhur harus terus ditanamkan dalam jiwa para apoteker yang baru dilantik ini. Hal ini sejalan dengan visi USB yang ingin menciptakan lulusan yang memiliki budi pekerti luhur. Jika memiliki budi pekerti luhur maka dipastikan praktek kefarmasiannya akan berjalan secara profesional dan bertanggung jawab.

Dari 125 lulusan pada periode ini, Astika Salsabila Nurhidayati berhasil menjadi lulusan terbaik dengan IPK 3,81. Sementara itu 1 mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude, 72 peserta dinyatakan lulus sangat memuaskan, dan 52 pserta dinyatakan lulus memuaskan. Sampai saat ini, Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi USB telah menghasilkan lulusan sebanyak 4.556 apoteker.