Delegasi HMJ S1 Farmasi USB Ikuti RPLF & BSBP

 

Sebanyak 4 mahasiswa yang merupakan delegasi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) S-1 Farmasi Universitas Setia Budi (USB) Surakarta mengikuti Regional Pharmaceutical Leadership Forum (RPLF) & Big Sister and Brother Project (BSBP) yang dilaksanakan di Youth Center Yogyakarta pada 24 hingga 27 Maret 2022. Delegasi yang bertugas diantaranya Adinda Surya Pinasti, Ananda Surya Pinasti, Jennifer Nabilla The Putri, dan Muhamad Ghazi Yusghifari Zaldi.

Tema yang diangkat dalam kegiatan RPLF adalah “GUARDIANT” yaitu “Generation of Pharmacist Future Leader, Who Are Responsible Dynamic, Intellectual, and Trusted”. Sedangkan untuk kegiatan BSBP mengangkat tema “BECOMER” atau “Become a Highly Qualified International Pharmacist in Communication, Research, Agent of Change, and Leader” dengan distrik yogyakarta sebagai host kegiatan ini.

RPLF sendiri merupakan latihan kepemimpinan yang diadakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) dalam tingkat wilayah. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa S-1 Farmasi dari 17 Universitas di wilayah Joglosepur (Jogja, Solo, Semarang, Purwokerto, Pekajangan dan Pekalongan). Sedangkan BSBP merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk memperkenalkan kegiatan-kegiatan bertaraf internasional kepada farmasis muda. Kegiatan ini juga menjadi sarana pengkaderan tingkat wilayah yang dilaksanakan oleh ISMAFARSI JOGLOSEPUR yang bertujuan untuk menciptakan kader yang memiliki intelektual dan bermanfaat bagi masyarakat.

Salah satu delegasi, Ananda mengatakan bahwa dengan mengikuti kegiatan ini dirinya banyak menerima manfaat antara lain mendapatkan relasi, mengetahui ragam struktur pelaksanaan organisasi di setiap Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM), serta bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik. Selain itu dirinya mengaku mendapatkan materi berupa konstitusi ISMAFARSI, Farmasi Nasionalis, IPE & IPC, Debat, Kajian Strategis dan Advolasi, PCC, serta pengertian, tujuan, syarat-syarat dan aturan, serta sistem pelaksanaan orasi.