Prodi S1 Teknik Kimia USB Kunjungi PT Boma Bisma Indra

 

Dalam rangka kegiatan Kunjungan Industri, Program Studi S1 Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Setia Budi (USB) mengadakan kunjungan ke PT Boma Bisma Indra pada Kamis (2/5/2019), yang berlokasi di Pasuruan, Jawa Timur. Kunjungan industri ini merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) USB. Kunjungan Industri ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Teknik Kimia semester 2 dan semester 4, yang didampingi oleh dosen Fakultas Teknik USB yakni Dewi Astuti Herawati S.,T M.Eng. dan Argoto Mahayana ST., MT.

Dalam kunjungan industri ini para mahasiswa diberikan informasi mengenai proses pembuatan peralatan-peralatan seperti HE (Heat Exchanger), Tank Stronge, Alat penggiling tebu yang salah satunya digunakan di sebuah industri besar yang ada di Indonesia, yaitu Pertamina. Drum-drum besar yang ada di Pertamina atau di SPBU merupakan buatan dari PT Boma Bisma Indra (Persero).

Saat mengunjungi lokasi industri PT BBI, para mahasiswa USB didampingi oleh Kepala Enginer Materrial, Supri. Mahasiswa diberi penjelasan mengenai sejarah PT Boma Bisma Indra (Persero), material yang didapat untuk menciptakan alat, proses pembuatan alat-alatnya, sampai dengan limbah yang dihasilkan dan pemanfaatan limbah tersebut. Di PT Boma Bisma Indra (Persero) mahasiswa juga diajak berkeliling untuk melihat secara langsung setiap proses produksi sampai dengan melihat peralatan pesanan dari konsumen.

Sebelum memasuki bagian proses industri PT Boma Bisma Indra (Persero), mahasiswa diwajibkan menggunakan helm, meskipun hanya sebagai visitor. Helm tersebut berfungsi untuk melindungi kepala dari hal- hal yang tidak diinginkan. PT BBI ini merupakan salah satu BUMN, maka dari itu faktor keselamatan sangat diperhatikan. Setiap orang yang masuk dalam kawasan proses produksi wajib menggunakan helm dan sepatu yang tertutup untuk melindungi tubuh. Selain melihat ke bagian proses industri, mahasiswa juga diperlihatkan company profile dari PT Boma Bisma Indra (Persero) dan produk yang dihasilkan melalui dokumentasinya.

Ketua Program Studi S1 Teknik Kimia, Dewi Astuti ST,. M.Eng. menyampaikan bahwa kunjungan industri ini bertujuan untuk mengenalkan industri dan alat alat industry kepada mahasiswa sebagai bekal, salah satunya untuk mengerjakan tugas akhir. Selain itu, kunjungan industri ini diharapkan bisa menumbuhkan ide serta semangat untuk mengembangkan kemampuan lulusan Teknik Kimia kedepannya. Para Mahasiswa yang berpartisipasi dalam kegiatan kunjungan industri ini akan mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) sebagai salah satu persyaratan kelulusan Program Studi S1 Teknik Kimia Universitas Setia Budi.