Mahasiswa USB Diajak Belajar Investasi

 

Untuk membangun motivasi dan pola pikir generasi muda dalam hal keuangan, Fakultas Ekonomi USB mengadakan kegiatan Vesta Kustik (Investasi dan Akustik) dengan tema “Cerdas Finansial untuk Bekal Kebebasan Finansial” pada Rabu (02/11/2022) di Kantin Lantai 2 USB. Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-25 USB yang jatuh pada Bulan November 2022. Kegiatan talkshow yang dikemas dengan perform musik akustik ini mendatangkan 3 orang narasumber dari Otoritas Jasa Keuangan Solo, Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah 2, dan perwakilan dari BRI Danareksa Sekuritas.

Kepala Program Studi S1 Manajemen, Dr. Didik Setyawan, S.E., M.M., M.Sc., menegaskan bahwa anak muda harus paham investasi, karena pasar (investasi) ada di tangan mereka. Kini investasi bisa dilakukan dengan mudah bahkan hanya dengan menggunakan handphone. Sebagai contoh saat ini gojek dan Tokopedia sudah masuk ke Bursa Saham Indonesia dengan harga saham sangat murah yaitu Rp. 180,- per lembar. Jika dilihat dari prospeknya selalu terjadi peningkatan pendapatan yang bisa menciptakan cuan. Didik menambahkan saat ini USB memiliki Galeri Investasi yang dapat digunakan untuk belajar investasi. Di Galeri Investasi akan ada kelompok studi pasar modal, mahasiswa dapat belajar bagaimana berinvestasi melalui pasar modal dengan aman. “Resiko investasi tetap ada, tapi dengan belajar bagaimana investasi yang aman, kerugian bisa diminimalisir,” ungkapnya.

Perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan Solo, Suryanto, menyampaikan anak muda perlu memahami bagaimana investasi yang benar. Kriteria dari investasi aman itu adalah legal dan logis. Legalitas perusahaan/investasi dapat dicek melalui situs OJK. Sementara investasi yang logi bermakna bahwa dalam investasi akan selalu ada resiko. Sehingga perlu dipertimbangkan investasi yang tingkat pengembaliannya masuk akal.

Sementara itu, perwakilan dari Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Jawa Tengah 2, Ari Seta, menambahkan bahwa investasi bisa dilakukan oleh siapa saja. Semua orang bisa belajar investasi di pasar modal dengan lebih mudah melalui BEI. Selain itu BEI juga sudah bekerjasama dengan USB dengan mendirikan Galeri Investasi dimana galeri tersebut didukung juga oleh OJK, BEI, dan BRI Danareksa Sekuritas yang siap membantu mahasiswa atau pun masyarakat umum yang ingin belajar melakukan investasi di pasar modal.