Kembangkan Soft Skill Melalui Kompetisi E-Sport

 

Dalam rangka mewadahi pelajar untuk menunjukkan talenta dan mengembangkan soft skill, BEM Fakultas Ekonomi USB menggelar Kompetisi E-Sport melalui kegiatan Fair Economy pada Minggu (5/11/2022) bertempat di Gedung A.1.3 USB. Kegiatan ini diikuti oleh total 21 tim, dimana setiap tim terdiri dari 5 pemain dan 1 pemain cadangan. Dalam kompetisi tersebut terpilih 3 tim terbaik yang menjadi juara dan 1 pemain terbaik.

E-sports sendiri merupakan singkatan dari electronic sports, yaitu salah satu jenis olahraga berbasis peralatan elektronik seperti komputer, handphone, atau konsol game seperti Play Station atau X-box. Ada banyak genre dan tittle game e-sports yang dipertandingkan di seluruh dunia dalam format turnamen dari skala kecil, komunitas sampai kejuaraan dunia. Aliran permainan video yang biasanya dihubungkan dengan olahraga elektronik adalah aliran strategi waktu-nyata, perkelahian, saling tembak orang-pertama, dan arena pertarungan luring multipemain

Ketua Pelaksana kegiatan, Karisma Ilmiana mengungkapkan bahwa tujuan dari diadakannya kompetisi ini adalah untuk meluruskan asumsi bahwa bermain game tidak selamanya berdampak negative. Karena selama ini masyarakat menganggap bahwa bermain game (e-sport) memiliki pengaruh buruk terutama untuk para remaja. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu memunculkan bibit-bibit unggul E-sport player Indonesia di masa depan, mengingat ternyata Indonesia memiliki banyak pemain unggul yang sudah membawa nama Indonesia di ajang Internasional dalam olahraga e-sport salah satunya pada even SEA Games.