Bekali Mahasiswa, Fakultas Teknik USB Adakan Seminar Public Speaking

 

Untuk menambah soft skill mahasiswa dalam bidang public speaking, BEM Fakultas Teknik USB mengadakan Seminar Public Speaking dengan tema “Explore Your Talk Skills and Show Your Quality” pada Selasa (08/11/2022) di ruang gedung A.1.1 Universitas Setia Budi Surakarta. Kegiatan yang diikuti oleh 90 mahasiswa Fakultas Teknik USB ini mendatangkan praktisi dalam hal ini MC profesional, Makmun Syaifudin atau yang dikenal dengan nama Max Nata.

Max Nata mengungkapkan bahwa public speaking itu penting bagi siapapun. Public speaking bisa meningkatkan kredibilitas dan trust orang lain kepada diri kita. Selain itu public speaking dinilai bisa membantu kemampuan dalam leadership, mendukung segala profesi dan meningkatkan karir. Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr. Drs. Suseno, M.Si., bahwa public speaking bisa menjadi bekal bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja.

Max Nata menambahkan, ada beberapa orang yang pintar dalam hal knowledge, namun kurang pandai dalam berkomunikasi. “Faktanya masih banyak orang yang takut ngomong di depan umum,” ungkapnya. Max Nata menyampaikan kemampuan public speaking dapat dilatih. Dalam kegiatan seminar ini pun mahasiswa diberi kesempatan untuk mempraktekkan secara langsung bagaimana melakukan presentasi atau berbicara di depan umum. Ditegaskan bahwa kemampuan public speaking yang baik akan membuka kesempatan yang lebih luas dan jenjang karir yang lebih tinggi. Seminar ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan sekaligus meningkatkan kemampuan public speaking bagi mahasiswa Fakultas Teknik.