USB Gelar Acara Peringatan Dies Natalis ke-25

Dalam rangka memperingati Dies Natalis yang ke-25 Universitas Setia Budi (USB) Surakarta menggelar serangkaian acara. Pada puncak peringatan Dies Natalis, USB menggelar Sidang Senat yang diikuti oleh civitas akademika pada Jumat (11/11/2022) di Gedung A.1.1 Universitas Setia Budi Surakarta. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan orasi ilmiah oleh salah satu dosen Fakultas Farmasi USB, Dr. apt. Ilham Kuncahyo, S.Si., M.Sc. dengan judul “Nanoteknologi sebagai Terobosan Baru dalam Pengembangan Sistem Penghantaran Obat”.

Rektor USB, Dr. Ir. Djoni Tarigan, MBA., dalam laporannya menyampaikan Dies Natalis ke-25 ini mengambil tema “Berkarya untuk USB Unggul”. Melalui tema ini USB berkomitmen akan senantiasa berkarya melalui penyelenggaraan tridharma yang berkualitas dan memegang teguh upaya pembangunan sumber daya manusia yang unggul, kreatif, inovatif dan berbudi pekerti luhur. Dalam kesempatan ini Rektor USB menyampaikan capaian Rencana Strategis (Renstra) USB dalam bidang penguatan kelembagaan dan sistem tata kelola, bidang Akademik dan Mutu Lulusan, bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, bidang Sarana Prasarana, dan bidang kemahasiswaan.

Sementara itu dalam orasi ilmiahnya, Dr. apt. Ilham Kuncahyo, S.Si., M.Sc. menyampaikan bahwa peningkatan efisiensi pemberian obat dapat dicapai dengan pemilihan sistem penghantaran obat yang tepat sehingga dapat dijadikan acuan untuk pengembangan dan modifikasi lebih lanjut. Modifikasi sistem penghantaran obat berbasis nanoteknologi dapat diaplikasikan secara luas melalui berbagai alternatif bahan dan metode sehingga memberikan solusi baru bagi pemecahan masalah pengembangan teknologi formulasi, yaitu terhadap berbagai senyawa obat sintesis maupun bahan alam yang poten namun memiliki sifat fisikokimia yang kurang mendukung.

Dalam kesempatan ini USB juga memberikan beberapa apresiasi kepada civitas akademika yakni dosen dan tenaga kependidikan berprestasi, dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdi selama 30 tahun, dan alumni berprestasi. Apresiasi juga diberikan kepada beberapa mahasiswa yang berhasil meraih prestasi baik dalam bidang akadmeik maupun non akademik di tingkat universitas, tingkat kota/kabupaten, nasional, dan internasional. Selain itu apresiasi juga diberikan kepada mahasiswa yang berpartisipasi dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yaitu pada program Magang Independen Bersertifikat, Pertukaran Mahasiswa, Kampus Mengajar, dan Pejuang Muda.

Yang tak kalah membanggakan, mahasiswa USB juga berhasil meraih prestasi di tingkat Internasional diantaranya Diky Isnanda yang meraih First winner Dance Competition at the secondInternational competition on health and student exchange, Klaudia Priskania yang menjadi First winner English Speaking ContestInternational competition on health and student exchange, dan Satria Lukmantoro yang meraih Juara 1 Kategori Ready-made product dan meraih Best Poster, International Inovation Technology Expo.