ITPAI Jateng Adakan Temu Ilmiah di USB

 

Ikatan Teknisi Patologi Anatomi Indonesia (ITPAI) Jawa Tengah mengadakan kegiatan temu ilmiah dengan tema “Peran ATLM dalam Pemeriksaan Sitologi dan Histopatologi untuk Membantu Menegakkan Diagnosa Kanker” di Gedung A.1.1 Universitas Setia Budi Surakarta pada Minggu (20/11). Kegiatan ini diikuti oleh 300 peserta yang merupakan teknisi laboratorium patologi anatomi dan para akademisi yang mengajar di program studi Teknologi Laboratorium Medik (TLM) dari berbagai propinsi di Indonesia.

Ketua ITPAI Jateng, Suwarto, S.Tr.Kes., S.KM., M.Kes., menyebutkan seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran, teknisi patologi anatomi dituntut untuk dapat mengembangkan kemampuannya baik di bidang pra-analitik maupun analitik. Teknisi Patologi Anatomi memiliki peran penting di laboratorium dalam menunjang tugas Dokter Spesialis Patologi Anatomi dalam memeriksa dan membuat diagnosis kelainan atau penyakit, maupun perannya di dunia riset. Kegiatan ini merupakan temu ilmiah antara para teknisi Laboratorium Patologi Anatomi yang bekerja di rumah sakit dan di pusat-pusat laboratorium diagnostik, yang membahas tentang penanganan pemeriksaan sel dan jaringan tumor ganas yang saat ini kasusnya banyak terjadi di masyarakat.

Temu ilmiah ini mendatangkan narasumber yang berasal dari beberapa praktisi laboratorium Patologi Anatomi diantaranya Suwarto, S.Tr.Kes.,S.KM.,M.Kes., Juliati, A.Md.AK., dan Tinuk Eka Rahmawati., A.Md.AK. Selain itu kegiatan ini juga mendatangkan salah satu Dokter Spesialis Patologi Anatomi sekaligus Ketua Persatuan Dokter Patologi Anatomi Indonesia (IAPI) Cabang Surakarta, dr.Brian Wasita, Sp.PA(K).Ph.D yang menjelaskan mengenai Standar Kualitas Sediaan Sitologi dan Histologi untuk Mendukung Diagnosis Tumor.

Suwarto berharap dengan adanya temu ilmiah ini, para akademisi dan praktisi laboratorium Patologi Anatomi dapat mempersiapkan para generasi penerus TLM untuk mengembangkan keilmuan ini agar dapat membantu menegakkan diagnosa tumor sehingga penderita tumor mendapatkan pengobatan atau terapi dengan tepat.