Disadmindukcapil Surakarta Adakan Workshop Pelayanan Adminduk Online di USB

 

Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disadmindukcapil) Kota Surakarta mengadakan Workshop Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Online bagi Mahasiswa pada Kamis (24/11) di Gedung G.3.1 Universitas Setia Budi Surakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 54 mahasiswa USB dan staf pendamping yang memiliki KTP Kota Surakarta.

Kepala Disadmindukcapil Kota Surakarta, Yuhanes Pramono, S.H., M.Si., dalam sambutannya menyebutkan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk membentuk generasi muda yang sadar administrasi kependudukan, seperti yang saat ini tengah digaungkan “bolomu adminduk” atau bocah solo mudeng administrasi kependudukan. Selain itu kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka mensukseskan gerakan indonesia sadar adminduk, dan mewujudkan masyarakat yang tertib adminduk. “Ke depan, KTP tidak hanya berbentuk fisik, tapi juga berbentuk digital. Itulah yang akan diperkenalkan,” ungkap Pramono. Melalui workshop ini para mahasiswa diharapkan akan menjadi duta atau agen Disadmindukcapil dalam mensukseskan penyelenggaraan program nasional Identitas Kependudukan Digital (IKD) ini.

Sementara itu Wakil Rektor I USB, Dr. Dra. Peni Pujiastuti, M.Si., mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Disadmindukcapil di USB ini. Disebutkan USB menjadi kampus pertama di Kota Surakarta yang mendapatkan pelatihan ini. Peni menegaskan, gerakan sadar administrasi kependudukan bagi generasi muda ini sangat penting, dan mahasiswa diharapkan bisa menjadi fasilitator dan meneruskan informasi yang diterima dalam workshop ini kepada orang-orang di sekitar, sehingga nantinya dapat tercipta masyarakat yang sadar mengenai adminitrasi kependudukan secara online ini.

Dalam workshop ini, Sub Koordinator Sistem Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan, Fahruddin Eka Cahyana, S. Sos., menyampaikan materi mengenai Digitalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Surakarta dan Uji Coba Pelayanan Online bagi Masyarakat. Dalam kesempatan yang sama, sivitas akademika USB yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan juga mendapatkan pelayanan pembuatan identitas digital oleh petugas dari Disadmindukcapil Kota Surakarta.