Kuliah Umum Mahasiswa Apoteker USB Angkatan 46


Dalam rangka mengawali kegiatan perkuliahan, sebanyak 120 mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker Angkatan 46, Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi (USB) mengikuti Kuliah Umum yang dilaksanakan pada Senin (21/08/23) di Gedung A.1 Universitas Setia Budi. Kuliah umum ini mengambil tema “Menjadi Apoteker yang berjiwa entrepreneur, berkarakter, kreatif & inovatif. Kegiatan ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru Program Studi Profesi Apoteker.

Hadir sebagai narasumber dalam kuliah umum ini adalah Ketua Bidang Advokasi & Pembelaan Anggota Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Jawa Timur, apt. Arief Sidharta Buana, S.Si. Pada kesempatan tersebut Arief menyampaikan materi dengan judul “Mudah Mendirikan Apotek, Semudah Buka Warung Kopi”. Arief mengatakan bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi orang sukses. Para mahasiswa diberikan tips apa saja yang perlu disiapkan jika ingin mendirikan sebuah apotek. Disebutkan bahwa apoteker yang ingin mendirikan apotek harus memiliki mental pengusaha yang siap sukses dan siap jatuh. Selain itu, pemilihan lokasi apotek menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan. Lokasi apotek yang berada di tengah kota tentunya akan berbeda dengan yang berlokasi di pinggiran atau pun di pusat keramaian. Hal tersebut akan berdampak pada nilai investasi dan beberapa hal lain seperti jumlah kompetitor dan strategi bisnisnya.

Menurut Arief, hal lain yang perlu dilakukan adalah menentukan target pasien atau segmen pasar dan menentukan apakah apotek menyasar resep, herbal, atau obat bebas dan lain-lain. Selain itu, apoteker diharapkan mengurangi beberapa hal seperti investasi obat berlebih, obat kadaluarsa, dan item obat.