Pengabdian, Tim Dosen USB Dampingi Kelompok Peternak Lebah Klanceng

Sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim kolaborasi dosen dan mahasiswa Universitas Setia Budi (USB) Surakarta, melakukan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dengan tema “Pengembangan Usaha Kelompok Peternak Lebah Klanceng” di Dusun Tengklik desa Kedawung, Kecamatan Jumapolo, Kabupaten Karanganyar pada Bulan Agustus ini. Kegiatan ini diketuai oleh Dewi Astuti Herawati, S.T., M.Eng (dosen S1 Teknik Kimia), dengan anggota Dr. Didik Setyawan, SE., MM., M.Sc., (dosen S1 Manajemen), dan Faiz Rahman Siddiq, SE., M.Ak (dosen S1 Akutansi). Adapun mahasiswa yang terlibat yakni Fraya Kartika Sari dan Maria Odelia Intan Eka Saputri keduanya dari S1 Teknik Kimia.

      

Pada kegiatan pengabdian tersebut diadakan serangkaian kegiatan diantaranya koordinasi, Focus Group Discussion, Workshop Budidaya Lebah Klanceng dan Workshop Marketing Online serta expo produk madu lebah klanceng. Tim pengabdian USB juga memberikan bantuan berupa perbanyakan set-up box lebah klanceng, alat bantu produksi, perbanyakan vegetasi, alat pengemasan madu, pendampingan terhadap aspek produksi, managemen usaha, dan pemasaran.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai realisasi program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) Kemdikbudristek yang dilaksanakan mulai bulan Juni 2023 dan akan berakhir pada bulan Desember 2023. Workshop budidaya Lebah Klanceng dilaksanakan pada tanggal pertengahan Agustus lalu di Desa Sringin Kecamatan Jumantono, Karanganyar dengan narasumber koordinator Lebah Lestari, Parjo, dan anggota ILMI (Inspirator Lebah Madu Indonesia) Imam Sonhaji. Sementara itu kegiatan lain berupa Workshop Marketing Online juga telah dilaksanakan pada tanggal minggu ke-3 Agustus di Desa Kedawung Kecamatan Jumapolo Karanganyar dengan narasumber founder Mediatama Berkah Nusantara, Slamet Mardiyanto.

Penyuluhan, pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh tim diharapkan dapat membantu dan memberikan motivasi, inovasi dan meningkatkan perekonomian mitra kelompok peternak lebah Klanceng Sejahtera, Dusun Tengklik Desa Kedawung Kecamatan Jumapolo Karanganyar yang sempat terdampak pandemi covid 19. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun kerjasama dan sinergi antara Perguruan Tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) sebagai salah satu perwujudan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dijalankan oleh beberapa program studi di Universitas Setia Budi Surakarta.