USB Sambut Mahasiswa Baru, Begini Pesan Rektor


Sebanyak 536 mahasiswa baru program reguler Universitas Setia Budi Surakarta (USB), mengikuti Sidang Senat Penerimaan Mahasiswa Baru USB pada Senin (04/09/2023) di Gedung Graha Saba Buana Surakarta. Sidang senat ini mengawali rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru USB.

Dalam laporannya, Ketua Panitia PKKMB, Dra. Endang Widyastuti, M.A., menyebutkan bahwa tujuan dari PKKMB ini adalah untuk memberikan bekal awal agar mahasiswa lebih cepat beradaptasi dengan proses pembelajaran dan lingkungan kampus sehingga kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global. Bagi mahasiswa alih jenjang (transfer) dan mahasiswa program reguler sore, program PKKMB diikuti secara daring.


Sementara itu, Rektor USB, Dr. Ir. Djoni Tarigan, MBA., dalam sambutannya menitipkan pesan kepada para mahasiswa baru agar selama menjalani perkuliahan di USB hendaknya beradaptasi dengan suasana dan lingkungan yang baru, mematuhi aturan-aturan yang ada di USB. Djoni juga menegaskan bahwa prestasi akademik yang tinggi tidak akan berarti jika tidak disertai dengan budi pekerti yang luhur. Hal tersebut sesuai dengan salah satu visi USB yaitu menghasilkan lulusan yang berbudi pekerti luhur, yang implementasinya adalah kejujuran, kerendahan hati, sabar, penuh kebaikan, kepedulian, tidak egois, saling menolong, dan mengasihi sesama tanpa memandang suku, agama, dan ras.


Dalam kegiatan PKKMB hari pertama, para mahasiswa baru akan mengikuti kuliah umum dengan berbagai materi diantaranya tentang Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia dan Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan society 5.0 yang disampaikan oleh Wakil Rektor I USB. Selain itu mahasiswa juga menerima materi dari kepolisian sektor Jebres yang diwakili oleh Ajun Komisaris Polisi Wahyu Riyadi, SH terkait Anti pelecehan seksual, Anti Korupsi, Anti Perundungan, dan Anti Intoleransi. Sementara itu dari Korem 074 Warastratama Surakarta yang diwakili oleh Kolonel INF Eko Juniarto memberikan materi terkait Kehidupan berbangsa dan bernegara serta Pembinaan Kesadaran Bela Negara. Selanjutnya pada tanggal 7 hingga 8 September 2023 mendatang, mahasiswa baru akan mengikuti kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa tingkat Pra-Dasar (LKMM-PD) yang diselenggarakan secara daring dalam format talkshow dan webinar. LKMM-PD sendiri diharapkan dapat membekali mahasiswa baru dengan keterampilan dasar dalam berkomunikasi, mengenal potensi diri, mengembangkan sikap kritis dan memposisikan diri secara efektif, sehingga dapat memanajemen diri untuk menjadi seorang yang memiliki karakter.