Bahas Pemanfaat AI, USB Adakan FGD dengan UNIKL Malaysia


Dalam rangka mengimplementasikan kerjasama antara Universitas Setia Budi (USB) dengan Universiti Kuala Lumpur (UNIKL), USB mendapatkan kunjungan dari UNIKL yang diwakili oleh Head of Section Advancement and Continuing Education, Arvind Bala Krishman, dengan agenda kegiatan Focus Group Discussion (FGD) pada Senin (18/09/2023) di Gedung I Universitas Setia Budi Surakarta. Dalam FGD yang dihadiri oleh pejabat struktural di tingkat fakultas dan program studi ini, tema yang diangkat adalah “Empowering AI to Improve the Quality of Learning and Research in the Fields of Health, Economics and Engineering”.

Kepala Bagian Kerjasama USB, Dian Marlina, M.Sc., M.Si., Ph.D., menyebutkan bahwa tenkonologi Artificial Intelligent (AI) saat ini sudah dimanfaatkan di banyak bidang, termasuk bidang pelayanan kesehatan. Teknologi digital kini telah dikembangkan dan diterapkan pada setiap aspek kesehatan dan pelayanan kesehatan. Bahkan, berbagai alat kesehatan digital dapat diimplementasikan dalam suatu aplikasi. Sebagai contoh, saat ini sudah ada perangkat pemantau kadar glukosa darah dengan menggunakan smartphone, smartwatch untuk mencatat tekanan darah pasien, atau EKG menggunakan smartphone.


Dian mengungkapkan, tujuan dari FGD ini antara lain untuk mencari kolaborasi dalam beberapa hal diantaranya penelitian antara USB dan UNIKL, studi banding terkait infrastruktur transformasi digital, dan pelatihan pengetahuan tentang AI dan Big Data. Selain itu, diharapkan nantinya USB dan UNIKL dapat bersama-sama mencari pendanaan penelitian internasional.

USB sendiri sebagai bagian dari Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah 2 Surakarta, beberapa waktu lalu telah menandatangani MoU dengan 2 perguruan tinggi di Malaysia, yakni Universiti Kuala Lumpur dan University College TATI. Kegiatan FGD kali ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari penandatanganan kerjasama tersebut yang diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi antara kedua belah pihak, baik dalam bidang akademik maupun penelitian ke depannya.