360 Mahasiswa USB Diwisuda


Universitas Setia Budi menyelenggarakan Wisuda Periode II Tahun 2023 pada Kamis (26/10/2023) di Gedung Graha Sabha Buana Surakarta yang diikuti oleh 360 wisudawan. Dalam laporan pendidikan, Wakil Rektor I, Dr. Dra. Peni Pujiastuti, M.Si., menyebutkan bahwa dari 360 wisudawan terdapat 162 wisudawan yang dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude. Ditambahkan bahwa daya serap lulusan USB sangat bagus, para lulusan ini sebagian besar telah bekerja di berbagai instansi pemerintah/swasta sesuai kompetensinya, rumah sakit, laboratorium klinik, industri obat, industri makanan dan minuman, apotek, dan lain-lain.

Rektor USB, Dr. Ir. Djoni Tarigan, MBA., dalam sambutannya menyebutkan bahwa dengan penuh kebanggaan USB mempersembahkan 360 wisudawan yang terdiri dari 232 lulusan dari jalur pendidikan akademik dan 128 lulusan dari jalur pendidikan vokasi. Rektor menambahkan dalam upaya mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, USB telah mengimplementasikannya di program studi jalur akademik sejak semester genap tahun akademik 2020/2021. Diharapkan dengan mengikuti program MBKM dapat meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Rektor USB berpesan, meskipun para wisudawan telah menyelesaikan pendidikan formal di Universitas Setia Budi, namun diharapkan untuk tetap menjadi pembelajar sepanjang hayat atau biasa disebut dengan Lifelong Learning. Belajar yang dimaksud bukan hanya terbatas dilakukan di dalam ruang kelas melainkan sebagai upaya seseorang untuk terus belajar secara sukarela dan berkelanjutan yang bertujuan untuk pengembangan pribadi, dalam rangka meningkatkan daya saing dan mempunyai kemampuan lebih fleksibel dalam menghadapi perubahan dunia kerja.


Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI, Bhimo Widyo Andoko, SH, MH, yang hadir pada acara wisuda tersebut memberikan apresiasi kepada USB atas proses tridharma yang telah dilaksanakan oleh seluruh program studi dengan baik sesuai dengan pedoman dan peraturan pemerintah yang berlaku, sehingga lulusan dapat diserap oleh dunia Industri dan dapat menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri maupun orang lain sebagai wirausahawan sukses. Pihaknya juga menyampaikan pesan kepada para wisudawan USB untuk terus belajar, membangun jaringan dan koneksi, dan mengembangkan ketrampilan soft skills. Bhimo juga menekankan agar para wisudawan bisa mertimbangkan untuk menjadi pengusaha dengan memulai bisnis atau usaha kecil mandiri. Mereka diminta mengembangkan ide kreatif dan membuat rencana bisnis yang solid, untuk menjadi enterprenur yang membuka peluang kerja bagi orang lain.

Pada periode ini terdapat 4 wisudawan terbaik dari masing-masing strata yaitu Okky Intan Mawarni (S2 Ilmu Farmasi) dengan IPK 3,85, Daniella Sesantinugroho (S1 Psikologi) dengan IPK 3,99, Ni Wayan Savitri Dewi (DIV Analis Kesehatan) dengan IPK 3,94, dan Jovita Sandi (DIII Analis Kimia) dengan IPK 3,99. Pada kesempatan ini juga berlangsung pengambilan sumpah Tenaga Teknis Laboratorium Medik dan Tenaga Teknik Kefarmasian yang diikuti oleh lulusan D3 Analis Kesehatan, D4 Analis Kesehatan, D3 Farmasi, dan D3 Analis Farmasi dan Makanan.