USB Kembali Berangkatkan Mahasiswa Kuliah Umum ke Singapura dan Malaysia


Universitas Setia Budi (USB) kembali memberangkatkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan kuliah umum internasional di luar negeri. Sebanyak 80 mahasiswa mengikuti kuliah umum internasional di Heriot Watt University Malaysia pada Jumat (27/10). Jika sebelumnya mahasiswa USB hanya mengunjungi Singapura dan mengikuti kuliah umum di salah satu kampus di Singapura, kali mahasiswa diajak mengunjungi 2 negara sekaligus yaitu Singapura dan Malaysia. Kunjungan dilaksanakan selama 3 hari pada Rabu (25/10) hingga Jumat (27/10).

Wakil Rektor 1 USB, Dr. Dra. Peni Pujiastuti, M.Si., mengungkapkan bahwa Heriot Watt University dipilih menjadi lokasi kuliah umum dengan beberapa alasan diantaranya kampus tersebut merupakan salah satu universitas terkemuka di Malaysia dan memiliki beberapa program studi yang sama dengan USB. Heriot Watt juga memiliki banyak kerjasama dengan universitas internasional terkemuka lain, sehingga dapat benar-benar memberikan wawasan internasional bagi mahasiswa. Salah satu Visi Heriot Watt, "Komitmen terhadap Pendidikan Positif tidak hanya fokus pada keunggulan akademik tetapi juga pengembangan individu secara holistik", hal tersebut sesuai dengan Visi Misi USB.

Wakil Rektor 1 USB juga mengatakan, USB kembali memberangkatkan mahasiswa untuk melakukan kuliah umum internasional sebagai komitmen dalam mewujudkan salah satu kata kunci dalam visi USB untuk menghasilkan lulusan yang berwawawan internasional. Maka dari itu USB memberikan fasilitas free kuliah umum di luar negeri. “Dengan memberikan kesempatan pergi keluar negeri secara gratis, mengunjungi universitas termuka di luar negeri, akan menambah wawasan mahasiswa. Saat pandemi covid, negara tujuan tertutup maka kegiatan baru kita laksanakan kembali setelah status pandemi dicabut. Alumni yang memiliki voucher Overseas Stadium General tetap kita berangkatkan mengunjungi Singapura dan Malaysia, dan saat ini sudah memasuki Angkatan 6,” pungkasnya.


Pada saat mengunjungi Heriot Watt University, mahasiswa diajak melihat beberapa fasilitas kampus seperti main auditorium, ruang kuliah, perpustakaan, laboratorium computer, tempat bersantai selama jeda perkuliahan yang dilengkapi dengan fasilitas menarik seperti billiard, PS, pantry, dan coffee maker. Heriot Watt University juga memiliki ruang khusus yang dirancang sebagai tempat berdiskusi bagi mahasiswa dan belajar berinvestasi.

Salah satu mahasiswa USB, Jeremy mengatakan kegiatan ini sangat berguna bagi mahasiswa, karena bisa melihat dan merasakan bagaimana mengikuti perkuliahan di luar negeri. Dia menambahkan, para mahasiswa bisa mengetahui bahwasanya ilmu tidak dapat dibatasi dengan perbedaan bahasa ataupun budaya. Heriot Watt University menunjukkan bahwa mahasiswa dapat berkuliah di manapun yang mereka inginkan baik di UK, Dubai, ataupun Malaysia. Selain berkuliah, mahasiswa juga bisa bertukar dan mempelajari budaya di negara tersebut. “Kita juga bisa mengetahui model pembelajaran yang digunakan di kampus luar negeri sehingga bisa kita terapkan atau implementasikan pada saat kita kembali ke Indonesia,” ungkap mahasiswa semester 7 jurusan S1 Manajemen tersebut.

Selain mengunjungi Heriot Watt University dan Menara Kembar di Malaysia, mahasiswa USB juga berkesempatan untuk melakukan kunjungan industri ke New Water Singapura dan mengunjungi beberapa tempat wisata diantaranya Sentosa Island, Gardens by the Bay, dan Merlion Park. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan internasional bagi mahasiswa USB.