Mahasiswa S1 Akuntansi USB Ikuti Kuliah Umum Praktisi Perpajakan


Tax Center Universitas Setia Budi (USB) bekerja sama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak JawaTengah II menyelenggarakan kegiatan kuliah umum praktisi perpajakan pada Senin (13/11) di aula Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Jawa Tengah II Solo. Kegiatan yang diikuti oleh 60-an mahasiswa jurusan S1 Akuntansi ini mengambil tema “Digitalisasi Pajak Sebagai Langkah Menuju Administrasi Pajak Yang Lebih Efektif dan Efesien”.

Ketua Tax Center USB, Dr. Widi Hariyanti, S.E., M.Si. menjelaskan bahwa pajak merupakan salah satu pilar pendapatan negara yang vital dalam menjalankan berbagai program pembangunan dan pelayanan publik. Oleh karena itu, administrasi pajak yang efektif dan efisien adalah kunci dalam memastikan penerimaan pajak yang optimal. Dalam era digital dan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat, digitalisasi pajak telah muncul sebagai inovasi yang potensial untuk meningkatkan proses pengumpulan dan pengelolaan pajak. Ditambahkan bahwa digitalisasi pajak adalah suatu langkah strategis yang dapat memperbaiki efektivitas dan efisiensi dalam administrasi pajak. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, pemerintah dapat mempercepat pengumpulan pajak, mengurangi kebocoran, dan meminimalkan beban administrative bagi wajib pajak.

Praktisi perpajakan yang hadir menjadi pembicara pada kegiatan ini adalah Fungsional Penyuluh Ahli Madya, Timon Pieter, yang memberikan materi tentang Digitalisasi Pajak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Pajak Untuk Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Sementara pembicara kedua yakni Fungsional Penyuluh Ahli Muda, Wieka Wintari, yang menyampaikan materi tentang Kebijakan Terbaru Tentang Pajak Perdagangan Digital sebagai Upaya Untuk Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Kegiatan ini sendiri bertujuan antara lain untuk menyosialisasikan kebijakan-kebijakan perpajakan terbaru yang diterapkan saat ini, menyukseskan inklusi pajak di kalangan mahasiswa untuk menjadi generasi sadar pajak, memberikan pemahaman tentang Konsep dan Manfaat Digitalisasi Pajak, meningkatkan kesadaran akan perkembangan teknologi dalam perpajakan, membantu mahasiswa memahami perubahan yang bisa terjadi dalam pekerjaan profesional di bidang perpajakan akibat digitalisasi, menginspirasi mahasiswa untuk mencari peluang inovasi dan kewirausahaan dalam bidang digitalisasi pajak, serta menggalang kesadaran tentang Tantangan dan Keberlanjutan Digitalisasi Pajak.