Mahasiswa USB Ikuti KMI Expo 2023


Universitas Setia Budi (USB) Surakarta memberangkatkan 2 tim mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo yang diselenggarakan di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja Bali beberapa waktu lalu. Pada kegiatan tersebut, tim mahasiswa USB memamerkan produk hasil karya terbaik yaitu Dry Shampoo “Dah-Ayu” dan olahan daging kalkun “RAKUN (Rajanya Kalkun)”. Pameran atau gelar produk ini merupakan bentuk kegiatan yang menampilkan produk-produk kelompok usaha mahasiswa Penerima Bantuan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

Produk Dry Shampoo “Dah-Ayu” merupakan produk hasil karya tim mahasiswa USB yaitu Anastasya Nursiva Yuniar, Dinar Wahyu Nan Dini, Putri Aulia Nisfaradina, Wulan Nur Khasanah, Zeny Nur Fadillah yang berhasil memperoleh pendanaan dari kemendikbudristek dalam program P2MW. Sementara tim lain yang diketuai oleh Farah Hayu Nur Hidayati, dengan anggota Fasih Nurcahyo, Ummu sholihah, dan Revi Anisatur Rohmah mendapatkan pendanaan P2MW melalui judul “Integrated Farming Kalkun Organik” dan menghasilkan produk berupa olahan daging kalkun dengan nama RAKUN (Rajanya Kalkun). Selain memamerkan produknya, tim mahasiswa USB juga berkesempatan mengikuti kegiatan lain di antaranya seminar kewirausahaan, business matching, dan beberapa kegiatan lain.


Sebagaimana dikutip di laman kesejahteraan.kemdikbud.go.id, KMI expo sendiri merupakan tempat bertemunya wirausaha mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk saling berkompetisi, mengenalkan produk, sekaligus membangun jejaring. Kegiatan KMI Expo XIV tahun 2023 diharapkan menjadi platform bagi para wirausaha muda untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan best practices dalam menghadapi tantangan di era disruption serta mendorong terciptanya jaringan kolaborasi antara para wirausaha muda dengan pemangku kepentingan terkait, seperti investor, mentor, dan pakar industri.