USB Ajak Guru Update Peraturan Pajak Terbaru


Pajak merupakan suatu hal utama dalam pengelolaan keuangan negara yang memungkinkan penyediaan layanan publik dan pembangunan nasional. Terkait adanya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 66 Tahun 2023 tentang Perlakuan Pajak Penghasilan atas Penggantian atau Imbalan Sehubungan dengan Pekerjaan atau Jasa yang diterima atau diperoleh dalam bentuk Natura atau Kenikmatan, Tax Center Universitas Setia Budi (USB) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil JawaTengah II menyelenggarakan tax upgrading dengan tema “Kebijakan dan Regulasi Pajak Natura: Upgrade Untuk Dunia Pendidikan” pada Kamis (23/11) di gedung A USB Surakarta. Kegiatan yang diikuti oleh para guru SMA/SMK se- Surakarta tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan kebijakan dan regulasi pajak natura.

Ketua tax center USB, Dr. Widi Hariyanti, S.E., M.Si., menyebutkan bahwa saat ini, siswa/siswi SMA/SMK di Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin masa depan dalam berbagai sektor, termasuk keuangan dan perpajakan. Namun, banyak dari mereka yang belum memahami secara menyeluruh mengenai sistem perpajakan, termasuk kewajiban pajak individu, manfaat sistem perpajakan, dan bagaimana mereka dapat berkontribusi sebagai warga negara yang baik dengan memahami dan mematuhi peraturan perpajakan. Dengan menggandeng para guru untuk mengikuti kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang perpajakan, dimana nantinya para guru bisa memberikan suatu pembelelajaran yang berkaitan dengan pajak lebih mendalam. Widi menambahkan, kegiatan sosialisasi ini memberikan kesempatan bagi para guru untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang peraturan perpajakan terbaru dan praktik terbaik dalam pengajaran materi perpajakan khususnya tentang Pajak Natura kepada siswa.

Selain memberikan pengetahuan tentang peraturan perpajakan dan kewajiban pajak terbaru kepada para guru SMA/SMK yang harapannya akan diteruskan kepada para siswa yang diajar, kegiatan tax upgrading ini juga bertujuan untuk mengedukasi para guru mengenai dampak pajak natura terhadap lingkungan dan bagaimana hal ini berkaitan dengan pembelajaran di sekolah. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para guru SMA/SMK tentang peran mereka dalam membantu siswa memahami isu- isu lingkungan melalui pendidikan pajak, membantu para guru SMA/SMK dalam mengembangkan modul atau materi ajar yang relevan dan sesuai dengan tema pajak terkini, serta membangun kesadaran para guru terhadap praktik perpajakan yang ramah lingkungan dan mendorong mereka untuk mengaplikasikannya dalam pengajaran mereka.