FIK USB Lakukan Pemeriksaan Golongan Darah Gratis


Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Setia Budi (USB) menyelenggarakan uji golongan darah gratis bagi siswa SD dan SMP dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (04/01/2024) dan Jumat (05/01/2024) di beberapa sekolah di Kota Surakarta yaitu SMP Negeri 18 Surakarta, SMP Negeri 12 Surakarta, dan MI Al Islam Grobogan. Kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat dari para siswa dan guru. Pihak sekolah mendukung kegiatan yang dinilai berorientasi pada kesehatan anak, sekaligus dapat meningkatkan pengetahuan anak tentang golongan darah serta anemia.

Pada kegiatan tersebut mahasiswa D3 Analis Kesehatan dan D4 Analis Kesehatan USB belajar bekerjasama dalam tim untuk melaksanakan kegiatan yang dipandu oleh dosen. Kreativitas mahasiswa yang dibagi dalam kelompok-kelompok menjadikan kegiatan semakin menarik dengan menampilkan cosplay profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM), hiburan musik dan bernyanyi bersama siswa, serta menampilkan ranger golongan darah.


Project based learning yang merupakan integrasi mata kuliah Imunohematologi dan Bank Darah dalam kegiatan ini menjadikan kuliah tidak hanya di dalam kelas. Ilmu yang diimplementasikan secara nyata diharapkan akan semakin meningkatkan kompetensi para mahasiswa.

Ketua tim pegabdian kepada Masyarakat, Rumeyda Chitra P, S.ST, MPH menyampaikan bahwa kagiatan rutin ini merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh pjhak yang terlibat. Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USB yang telah mendanai kegiatan ini, serta kepada pimpinan sekolah, guru dan.pihak-pihak yang telah membantu sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.