Mahasiswa USB Kuliah Umum di UniKL Malaysia


Universitas Setia Budi (USB) kembali memberangkatkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan kuliah umum internasional di luar negeri. Pada periode ini, sebanyak 40 mahasiswa mengikuti kuliah umum internasional di Universitas Kuala Lumpur (UniKL) Malaysia pada Kamis (21/03). Jika sebelumnya mahasiswa USB hanya mengunjungi Singapura dan mengikuti kuliah umum di salah satu kampus di Singapura, kali mahasiswa diajak mengunjungi 2 negara sekaligus yaitu Singapura dan Malaysia. Kunjungan dilaksanakan selama 3 hari pada Kamis (21/03) hingga Sabtu (23/03).

Wakil Rektor 2 USB, Dr. Narimo, ST. MM., yang mendampingi mahasiswa pada kunjungan tersebut mengungkapkan bahwa selain mengikuti kuliah umum di UniKL Malaysia, mahasiswa juga diajak untuk mengunjungi NEWater Singapura, sebagai pusat edukasi di Singapura yang memperkenalkan dan mempromosikan konsep keberlanjutan air. Narimo mengatakan kunjungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan internasional bagi mahasiswa, memberikan gambaran keilmuan, dan belajar kebudayaan di Singapura, terutama tentang kedisiplinan. Selain itu mahasiswa juga diharapkan dapat meningkatkan dan melatih kemampuan berbahasa Inggris, sehingga mahasiswa menjadi lebih percaya diri.


Sementara itu Wakil Rektor 1 USB, Dr. Dra. Peni Pujiastuti, M.Si., menyebutkan, USB kembali memberangkatkan mahasiswa untuk melakukan kuliah umum internasional sebagai komitmen dalam mewujudkan salah satu kata kunci dalam visi USB yaitu untuk menghasilkan lulusan yang berwawawan internasional. Maka dari itu USB memberikan fasilitas kuliah umum di luar negeri secara gratis. “Dengan memberikan kesempatan pergi keluar negeri secara gratis, mengunjungi universitas termuka di luar negeri, akan menambah wawasan mahasiswa.


Selain mengunjungi UniKL dan Menara Kembar di Malaysia, mahasiswa USB juga berkesempatan untuk melakukan kunjungan industri ke NEWater Singapura dan mengunjungi beberapa tempat wisata diantaranya Sentosa Island, Gardens by the Bay, dan Merlion Park. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan internasional bagi mahasiswa USB.