Bangun Kebersamaan, USB Gelar Halal Bihalal


Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, sivitas akademika Universitas Setia Budi (USB) Surakarta mengikuti kegiatan halal bihalal yang diadakan pada Kamis (18/04) di Gedung A USB. Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan Yayasan Pendidikan Setia Budi (YPSB), Badan Pengurus Harian (BPH) YPSB, Rektor dan para Wakil Rektor, dosen, tenaga kependidikan, dan perwakilan mahasiswa di lingkungan USB.

Dalam sambutannya, Rektor USB, Dr. Ir. Djoni Tarigan, MBA., menyebutkan Bulan Syawal menjadi momentum untuk bersilaturahmi dengan saling bermaaf-maafan. Tradisi halal bihalal yang ada di Indonesia ini merupakan tradisi baik yang perlu terus dilestarikan. Pada kesempatan ini sivitas akademika diajak untuk berlapang dada dengan penuh keikhlasan untuk saling memaafkan dan memberi maaf atas kesalahan yang dilakukan. Halal bihalal tahun ini mengambil tema “Menebar Maaf untuk Membangun Kebersamaan dan Meraih Keberkahan”.

Sementara itu, Ketua Badan Pembina YPSB, Dr. Ir. Budi Darmadi, M.Sc., dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri dan memohon maaf lahir dan batin kepada seluruh sivitas akademika.

Dalam kesempatan tersebut, hikmah halal bihalal disampaikan oleh ustadz Hendro Wijayanto, Lc, M.A. Diungkapkan bahwa manusia tidak pernah luput dari kesalahan, maka tradisi halal bihalal ini menjadi prioritas yang penting, terlebih di lingkungan tempat kita berinteraksi. Selain itu, ustadz Hendro juga mengajak para civitas untuk memahami bahwa orientasi hidup kita bukan hanya mencari kesenangan dunia, melainkan mengejar ridho Allah SWT. Menutup ceramahnya, ustadz Hendro mengajak untuk tidak membanding-bandingkan hidup atau rezeki satu sama lain, melainkan mensyukuri nikmat yang sudah diberikan oleh Tuhan di dalam hidup kita.

Acara halal bihalal kemudian ditutup dengan saling bersalam-salaman dimulai dari pimpinan Yayasan dan rektorat, diikuti oleh semua civitas akademika yang hadir secara bergantian.