Kuliah Tamu “Bahan Alam sebagai Starting Material Sintesis Senyawa Obat”

Dalam rangka peringatan Dies Natalis USB ke-22, BEM Fakultas Farmasi USB mengadakan kegiatan kuliah tamu dengan tema “Bahan Alam sebagai Starting Material Sintesis Senyawa Obat” pada Kamis (7/11/2019) di Gedung A.1.3 USB. Kuliah tamu tersebut juga merupakan Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi antara USB dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dekan Fakultas Farmasi, Prof. Dr. RA. Oetari, SU., MM., M.Sc., Apt., dalam sambutannya mengatakan bahwa bahan alam sudah lama digunakan untuk pengobatan, terlebih Indonesia memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah. Sehingga masyarakat di Indonesia banyak menggunakan bahan alam tersebut sebagai obat-obatan. Melalui kuliah tamu ini mahasiswa diajak untuk meningkatkan pemahaman tentang penelitian atau riset yang terkait dengan bahan alam.

Sementara itu, pembicara yang merupakan Guru Besar dari UNY, Prof. Dr. Nurfina Aznam., SU., Apt., menyebutkan di Indonesia terdapat 30.000 jenis tumbuhan dan 7.000 di antaranya berkhasiat sebagai obat, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Ditambahkan bahwa tanaman obat dapat dimanfaatkan menjadi bahan penelitian atau sebagai penuntun penemuan obat sintetik. Selain itu tanaman obat juga bisa menjadi bahan untuk berwirausaha. Namun sayangnya hasil penelitian di Perguruan Tinggi (skripsi, tesis, disertasi, dan lain-lain) tidak dapat langsung dimanfaatkan, melainkan hanya menjadi bahan pustaka, dan belum memiliki nilai jual yang tinggi.