Buat Masker Organik, Mahasiswa USB raih Juara Harapan di KMI Award 2019

Tim mahasiswa Universitas Setia Budi (USB) berhasil meraih Juara Harapan Wirausaha Terbaik untuk Kategori Industri Produksi/Budidaya dalam ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Award 2019 yang diselenggarakan di Batam pada Jumat – Minggu (22-24/11/2019). Produk berupa Masker NOOR (Natural Organic On Radiant) tersebut sebelumnya telah meraih pendanaan dari Ristekdikti sebesar Rp. 10.000.000 dalam Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesi (KBMI).

Tim mahasiswa USB tersebut terdiri dari 5 orang yang diketuai oleh Desi Ristiyanasari (S1 Manajemen), beranggotakan Azizah Febri Rahmawati (S1 Manajemen), Rahmad Akbar (S1 Manajemen), Aldila Putri Gita Rizki (D3 Analis Kimia), Firda Ayu Zakia (S1 Akuntansi) dengan dosen pembimbing Finisha Mahaestri N, B.Com., MPH.

Ketua tim, Desi mengatakan bahwa Masker NOOR (Natural Organic On Radiant) adalah sebuah usaha yang memiliki Noble Purpose mengoptimalkan nilai guna tanaman dan rempah khas Indonesia sebagai bahan baku pembuatan masker organik yang berkhasiat bagi kesehatan kulit dan ramah lingkungan, sekaligus untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi mahasiswa dan masyarakat umum.

Salah satu alasan dibalik Noble Purpose yang akhirnya memicu ide bisnis ini adalah banyaknya masyarakat yang kurang mengetahui bahwa tanaman dan rempah Indonesia seperti daun kelor, kayu secang, temu giring, kunyit, kayu manis dan bidara laut memiliki banyak khasiat bagi kesehatan kulit. Kurangnya pengetahuan terkait manfaat tersebut mengakibatkan banyak masyarakat yang cenderung menggunakan kosmetik berbahan kimia.

Masker NOOR (Natural Organic On Radiant) adalah sebuah Masker Organik yang dibuat dari rempah dan tanaman yang ada di lingkungan sekitar yang memiliki 6 varian yang berbeda didasarkan dari bahan bakunya. Masker NOOR (Natural Organic On Radiant) telah menjualkan sebanyak 655 buah masker. Mahasiswa memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi melalui iklan produk baik di instagram maupun facebook, serta memasarkan melalui beberapa market place.

Pemasaran Masker NOOR (Natural Organic On Radiant) tersebar hampir di Seluruh Indonesia. Meskipun terbilang cukup baru tapi pemasaran Masker NOOR (Natural Organic On Radiant) sudah tersebar hampir diseluruh Indonesia karena reseller Masker NOOR (Natural Organic On Radiant) berasal dari berbagai daerah sehingga mudah dikenal masyarakat.nMasker NOOR (Natural Organic On Radiant) juga memberikan banyak fasilitas dan kemudahan bagi yang ingin mendaftar reseller yaitu dengan memberikan potongan dan hadiah menarik serta give away rutin khusus reseller. Dengan strategi tersebut maka banyak calon customer yang berminat menjadi reseller Masker NOOR (Natural Organic On Radiant).

Untuk mengembangkan produk dan memperluas pemasaran maka Masker NOOR (Natural Organic On Radiant) menjalin relasi dengan banyak pihak agar mereknya semakin dikenal masyarakat. Diantaranya bekerjasama dengan berbagai pihak seperti RKB (Rumah Kreatif BUMN), HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia), Petani rempah dan mawar, Pengrajin kayu, Ibu-ibu PKK di wilayah Banjarsari, juga berbagai Organisasi Mahasiswa di Universitas Setia Budi Surakarta yaitu HMJ Akuntansi dan BEM Fakultas Ekonomi.

Sebagai bentuk pengembangan dari produk Masker NOOR (Natural Organic On Radiant) mahasiswa membuat inovasi produk berupa sabun yang berbahan dasar alami antara lain ekstrak daun kelor, beras putih, arang aktif, coklat dan lidah buaya. Berdasarkan masukan dari pelanggan, juga dibuat kemasan produk dalam bentuk sachet. Keunggulan dari kemasan sachet adalah harga yang lebih ekonomis.