D3 Analis Kesehatan USB Gelar Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD)

 

Program Studi D3 Analis Kesehatan (TLM), Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Setia Budi (USB) merupakan pelopor pendidikan Analis Kesehatan (TLM) di Indonesia. Program Studi ini telah berdiri sejak tahun 1983 dan telah menghasilkan hampir 3.000 lulusan yang tersebar di seluruh Indonesia. Kamis (6/02/2020) Program Studi D3 Analis Kesehatan USB mengadakan kegiatan rutin tahunan bertajuk Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) tahun 2020 dengan tema “Mengenal dan Mendeteksi Kanker Secara Dini” bertempat di Balai Desa Triyagan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo.

Acara Puncak PKMD tahun 2020 dihadiri oleh sekitar 50 tamu undangan yaitu warga masyarakat Desa Triyagan yang sebagian besar adalah kader PKK desa. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh perangkat desa. Acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh dosen Program Studi D3 Analis Kesehatan dan dosen Fakultas Ilmu Kesehatan serta mahasiswa D3 Analis Kesehatan USB angkatan 2017. Tujuan utama dari Program PKMD ini adalah agar mahasiswa mampu menyampaikan informasi kesehatan, sekaligus sebagai agen promosi kesehatan di masyarakat secara langsung. Kegiatan Penyuluhan kesehatan pada PKMD 2020 ini disampaikan oleh dr. Ratna Herawati, M. Biomed., dan dimoderatori oleh Drs. Edy Prasetya, M.Si.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Triyagan, Pardiyanto menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan baik yang perlu terus dilakukan. Pihaknya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Prodi D3 Analis Kesehatan USB yang secara berkesinambungan telah melaksanakan kegiatan PKMD di desa Triyagan. Menurutnya, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yaitu menambah keilmuan bagi seluruh warga desa Triyagan. Pihaknya juga menginformasikan bahwa setiap bulan terdapat kegiatan pertemuan PKK yang juga membahas masalah-masalah kesehatan, ataupun sosial kemasyarakatan. Sivitas akademika Fakultas Ilmu Kesehatan diundang untuk turut berpartisipasi menyampaikan penyuluhan-penyuluhan di acara tersebut.

Kegiatan PKMD 2020 Prodi D3 Analis Kesehatan USB ini sudah dimulai sejak 16 Desember 2019, diawali dengan proses bimbingan proposal, pembuatan poster, pembuatan video, perlombaan poster dan video. Sementara pada kegiatan puncak PKMD 2020, terdapat beberapa kegiatan diantaranya penyuluhan kesehatan, pemeriksaan tensi, pameran poster, apresiasi video terbaik, apresiasi poster terbaik, penampilan video terbaik, presentasi poster terbaik. Ketua Program Studi D3 Analis Kesehatan USB, Dr. Rizal Maarif Rukmana, S.Si., M.Sc menyampaikan terimakasih kepada Kepala Desa, Perangkat desa, dan masyarakat Desa Triyagan yang bersedia menyediakan tempat untuk acara puncak PKMD 2020, serta kepada seluruh sivitas akademika dan mahasiswa Prodi D3 Analis Kesehatan angkatan 2017 yang telah menyiapkan acara puncak PKMD dengan baik.

Dalam Acara Puncak PKMD 2020 diberikan apresiasi kepada kelompok pembuat video terbaik dan poster terbaik. Penilaian poster dan video telah dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2020. Sebagai juri dan penilai video dan poster adalah dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan USB yaitu dr. Lucia Sincu G, M.Kes, Dr. Dian Kresnadipayana, S.Si., M.Si., dan Ifandari, S.Si., M.Si. Adapun pemenang poster terbaik diraih oleh kelmpok 8 dengan anggota: Mactildis Yosefeni M, Dinda Putri N A, Yosinta Wahyuni M, dan Yosiana Dhiu. Sementara juara video terbaik diraih oleh kelompok 1 dengan anggota: Wahyu Fikri F, Diana Mega P, Ayu Dira L dan Salsabila Dwi O. Acara puncak PKMD 2020 juga dimeriahkan oleh tari Tobelo khas Merauke yang dibawakan oleh 4 mahasiswi asal Merauke. Kegiatan PKMD 2020 ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari Prodi D3 Analis Kesehatan USB yang diwakili oleh Dr. Rizal Maarif Rukmana, S.Si., M.Sc kepada warga Desa Triyagan yang diserahka kepada Kepala Desa, Pardiyanto. (Riz)