Adakan Seminar, BEM Psikologi USB Bahas “Dating Abuse”

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi Surakarta (USB) mengadakan seminar dengan tema “Dating Abuse: Kenali Toxic Relationship, Hindarkan Diri dari Dating Abuse” pada Sabtu (14/03/2020) bertempat di Hotel Pose Inn Surakarta.

Seminar ini dihadiri oleh 40 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah diantaranya adalah dari Universitas Setia Budi Surakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Muhammadiyah Surakarta, IAIN Surakarta, dan beberapa peserta umum. Seminar ini menghadirkan 2 pembicara yakni Rosita Yuniati, S.Psi., M.Psi., Psi., yang merupakan Konsultan dan Praktisi Perkembangan Remaja, serta Sugeng Widodo, S.Psi., yang merupakan Direktur fun Games dan Master Trainer LPPKS.

Dalam seminar tersebut ditekankan bahwa kekerasan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja dalam masa pacaran. Oleh karena itu, tanda-tanda atau perubahan-perubahan pada pasangan yang mengarah kepada kekerasan perlu dipahami dan dikenali. Contohnya bila salah satu pasangan tiba-tiba merasa tidak aman, takut terhadap pasangan karena mulai berbicara kasar, membatasi pergaulan, dan lain-lain. Pembiasaan untuk menerapkan atau mengaplikasikan prinsip kesetaraan atau keseimbangan dalam hubungan dan prinsip kesalingan yaitu sebuah hubungan yang terjalin adalah hubungan dua arah atau timbal balik satu sama lain, dan bukan hubungan satu arah atau yang hanya didominasi oleh satu orang perlu dilakukan.

Adanya keterbukaan satu sama lain, berani berbicara secara asertif kepada pasangan juga dinilai dapat membantu meminimalisir munculnya            . Jika masalah muncul, masalah tersebut bisa diceritakan kepada orang terdekat seperti sahabat atau keluarga. Dan jika masalah yang terjadi dirasa terlalu berat, konselor atau psikolog bisa menjadi pilihan untuk berkonsultasi.